Netral English Netral Mandarin
13:51wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Sering Merasa Kesulitan untuk Tidur, Berikut Tips Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Selasa, 12-Oktober-2021 06:00

Anda mungkin sering Merasa Kesulitan untuk Tidur.
Foto : alodokter
Anda mungkin sering Merasa Kesulitan untuk Tidur.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Beberapa penelitian mengatakan bahwa kurang tidur atau tidur tidak nyenyak dapat mengakibatkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, dan kemampuan bekerja seseorang.

Walaupun demikian, kita tetap saja sulit untuk memejamkan mata di malam hari. Umumnya hal ini terpengaruh dari gaya hidup yang dijalani.

Ada beberapa penyebab orang sulit untuk tidur, berikut penjelasannya seperti dilansir dari laman alodokter:

Stress

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap situasi tertentu yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat mempengaruhi keseluruhan tubuh baik secara fisik, perilaku, dan emosional. 

Jika seseorang mengalami stres berat, maka ia akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Hal inilah yang membuat orang tersebut akan kesulitan untuk tidur.

Faktor Usia 

Memasuki usia yang cukup tua banyak orang mengalami perubahan pola pada tidur. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berusia 60 tahun keatas akan sulit tidur dan cenderung akan bangun di malam hari.

Efek zat kimia 

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein serta merokok dapat mengganggu kualitas pada tidur. Hal ini akan menyebabkan badan terasa tidak segar saat bangun tidur serta kepala akan terasa sakit.

Irama tidur atau ritme sirkadian

Ritme sirkadian merupakan alarm tubuh bagi manusia. Semakin stabil dan teratur waktu tidur seseorang maka semakin berkualitas pula tidur orang tersebut. Ritme sirkadian juga dapat berubah oleh kegiatan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya dari gadget.

Kondisi medis tertentu

Tersadapat banyak kondisi medis yang mempengaruhi tidur menjadi tidak nyenyak. Beberapa konidisi medis yang dapat membuat tidur terganggu, yaitu ialah  penyakit asam lambung, asma, nyeri kronis, hingga depresi.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak:

Batasi tidur siang

Tidur siang memanglah baik bagi tubuh, namun disarankan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Sebaiknya batasi waktu tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit. Tidur siang terlalu lama dapat menyebabkan orang tersebut kesulitan tidur pada malam hari.

Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat membuat efek letih dan dapat dengan mudah menjadi terlelap. Namun disamping itu, aktivitas ini juga membuat badan kita terasa segar dan kesulitan untuk tidur.

Oleh sebab itu disarankan untuk menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan, seperti melakukan yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik.

Hindari makan berat menjelang waktu tidur 

Makan makanan berat akan mengakibatkan sistem pada pencernaan bekerja semakin keras, sehingga akan berpengaruh pada kualitas tidur. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit, sereal atau susu. 

Kopi mengandung zat kafein yang membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Walaupun tetap di paksakan untuk tidur, kita bisa terbangun beberapa kali pada malam hari. Hal ini yang membuat kualitas tidur menjadi menurun.

Hindari menggunakan perangkat elektronik atau gawai sebelum tidur

Dianjurkan untuk melupakan sejenak segala urusan pekerjaan, hindari melakukan pekerjaan di tempat tidur agar pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, hindari juga penggunaan peralatan elektronik, seperti TV dan telepon genggam saat akan menjelang tidur.  

Kualitas tidur yang baik dapat mempengaruhi stamina pada tubuh kita menjadi lebih kuat. Banyak cara yang dapat diterapkan agar tidur menjadi lebih nyenyak. Jika kamu sudah melakukan semua yang disebutkan diatas namun masih merasa kesulitan untuk tidur, segara konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani