3
Netral English Netral Mandarin
21:17 wib
Jajaran pengurus dan kader Partai Demokrat se-Sumatera Utara menolak penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) ilegal yang kabarnya digelar di salah satu hotel di Kabupaten Deli Serdang. Presiden Jokowi meminta Kementerian Perdagangan untuk gencar mengkampanyekan slogan cinta produk-produk Indonesia, sekaligus benci produk luar negeri.
Sering Terlupakan, Ternyata Srikaya Merah Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rabu, 10-Februari-2021 16:00

Buah Srikaya merah mampu meningkatkan imun tubuh.
Foto : Kebunku
Buah Srikaya merah mampu meningkatkan imun tubuh.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan buah sriakaya. Bentunya yang sedikir berantakan dengan banyak benjolan di semua permukaannya, berbjii banyak, ada yang berwarna merah dan kebanyakan hijau.

Namun, dibalik rasanya yang manis dan lezat, ternyata ada banyak manfaat buah srikaya untuk kesehatan. Ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa menambah asupan nutrisi dan mineral masuk ke dalam tubuh, yaitu buah srikaya. Masing-masing buah mempunyai manfaat kesehatannya masing-masing.

Selain di Indonesia, buah srikaya juga terkenal di India. Nah, buah satu ini biasanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Rasanya manis karena mengandung glukosa dan fruktosa.Perlu diketahui, ternyata buah srikaya mengandung nilai kalori yang cukup tinggi untuk buah-buahan.

Baca Juga :

Srikaya seberat 100 gram memiliki kalori sekitar 90 kalori, yang hampir dua kali lipat dari buah jeruk dan apel.Kadang buah ini cukup dimakan begitu saja, namun seringpula dijadikan selai srikaya. Dilansir dari berbagai sumber termasuk laman orami, beriktu manfaat buah srikaya yang layak Anda konsumsi.

1. Asam Folat

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang pertama adalah mengandung asam folat. Melansir dari Health Care Asia, buah srikaya kaya akan kandungan asam folat yang tinggi.Hal ini membuat buah srikaya aman dan justru dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Asupan asam folat juga penting untuk dipenuhi bagi Moms yang saat ini masih menjalani program hamil.

2. Potasium

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung potasium. Buah srikaya juga mengandung potasium yang tinggi sehingga menjadikannya baik untuk mengatur tingkat tekanan darah dan membantu melawan rasa lelah.Buah srikaya juga baik diberikan untuk anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

3. Vitamin C

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung vitamin C. Menurut studi yang diulas dalam International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, buah srikaya mengandung vitamin C yang menjadi sumber antioksidan dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Serat

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung serat. Sudah dipastikan, serat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.Nah, Moms bisa mengonsumsi buah srikaya sebagai pilihan untuk memenuhi asupan serat sehari-hari. Asupan serat juga bisa Moms dapatkan dari sayur-sayuran sebagai menu makan harian.

5. Vitamin A

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung vitamin A. Tahukah Moms bahwa buah srikaya juga kaya akan vitamin A? Nah, vitamin A ini sangat penting untuk kesehatan mata, serta mampu menjaga kulit dan rambut juga tetap sehat.

6. Magnesium

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung magnesium. Masih dari studi di atas, buah srikaya juga mengandung magnesium yang tinggi, sehingga sangat cocok dikonsumsi seseorang yang mengidap penyakit rematik dan radang sendi.

Itulah beberapa kandungan utama dari buah srikaya. Hal yang perlu diketahui juga, buah srikaya menjadi sumber zat besi dan kalsium yang baik untuk tubuh.

 

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani