Netral English Netral Mandarin
18:08wib
Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa bahwa hukum penggunaan aset kripto. Kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter mulai berlaku di sejumlah minimarket pada Rabu.
Sesuai Instruksi Ketum, PAN Lumajang Gerak Cepat Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Kamis, 09-December-2021 05:18

Abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,
Foto : BNPB Indonesia
Abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) bergerak cepat untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Melalui DPD PAN dan PUAN (Perempuan Amanat Nasional) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sejumlah bantuan disalurkan langsung ke lokasi bencana, Minggu (5/12/2021).

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Lumajang, Dudik Kurniadi mengatakan, pihaknya bergerak cepat memberikan bantuan karena prihatin melihat kondisi korban erupsi Gunung Semeru. Hal tersebut, lanjutnya, juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari instruksi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Begitu mendengar Semeru erupsi, kami langsung berkoordinasi untuk memberikan bantuan.Kami bergerak karena merasa prihatin dengan musibah yang menimpa saudara-saudara kita. Juga melaksanakan instruksi Ketua Umum untuk bergerak cepat membantu korban erupsi,” kata Dudik, dilansir dari laman PAN, Rabu (8/12/2021). 

Sementara itu, Ketua DPD PUAN Kabupaten Lumajang Ari Susanti menyampaikan, aktivis-aktivis PAN dan PUAN turun ke Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, salah satu desa terparah terkena erupsi.

Mereka membawa bantuan berupa kebutuhan makan, obat-obatan ringan, peralatan mandi, kebutuhan bayi dan anak, serta pakaian dalam.

“Barang-barang itu yang saat ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Semeru. Kami akan terus mengumpulkan dan menyalurkan ke sana,” ucap Ari Susanti.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menginstruksikan Kader PAN di Jawa Timur untuk segera bergerak memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Semeru.

"Kepada kader PAN di Jatim, saya minta segera mulai bergerak. Konsolidasikan bantuan dari saudara-saudara kita lainnya. Kita bantu semaksimal mungkin, bergerak dengan penuh rasa solidaritas," kata Zulkifli, Sabtu (4/12/2021).

Seperti diberitakan, Gunung Semeru erupsi dengan memuntahkan awan panas guguran pada Sabtu (4/12/2021). Aliran awan panas itu mengarah ke Kabupaten Lumajang dan menerjang permukiman warga di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Erupsi Gunung Semeru ini tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga yang mengungsi akibat rusaknya tempat tinggal akibat material vulkanik.

Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Infanteri Irwan Subekti melaporkan, hingga Selasa (7/12/2021) tercatat 34 orang meninggal dunia dan 22 orang dinyatakan hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

"Sampai saat ini korban jiwa tercatat di posko kami 34 orang, 22 orang dinyatakan hilang berdasarkan laporan masyarakat. Luka berat sampai saat ini 26 orang," ujar Irwan dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (7/12/2021), dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan, tercatat 10 kecamatan dan 17 desa yang terdampak erupsi Semeru.

Selain itu, dilaporkan bahwa rumah yang terdampak sebanyak 5.205 unit. Kemudian data pengungsi sebanyak 4.250 orang, dimana tersebar di beberapa tempat di sekolah-sekolah masjid, balai desa dan rumah penduduk atau rumah saudara sendiri.

Lokasi pengungsi terdampak terdapat di 19 titik yakni di Kecamatan Pronojiwo sebanyak sembilan titik, di Kecamatan Candipuro terdapat enam titik pengungsian, Kecamatan Pasirian terdapat empat titik pengungsian. Kemudian terdapat pengungsian yang lain yang tersebar di 25 lokasi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi