Netral English Netral Mandarin
21:10wib
Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Yahya Waloni menyampaikan permintaan maaf kepada publik, khususnya kalangan Nasrani. Para peneliti menemukan sebuah parasit malaria yang kebal obat di Uganda.
Setuju Dengan AHY dan Ibas, Pengamat: Bangsa Ini Memang Sedang Sakit Parah, Tim Jokowi Gagal Total

Minggu, 11-Juli-2021 20:20

Pengamat Politik Jerry Massie
Foto : Istimewa
Pengamat Politik Jerry Massie
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Jerry Massie mengomentari kritik yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Waketum PD Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) terhadap pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19.

AHY dan Ibas sebelumnya mempertanyakan kemampuan negara untuk menyelamatkan rakyat dari pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dan mengingatkan pemerintah agar Indonesia tak menjadi failed nation atau negara gagal.

Jerry mengaku setuju dengan AHY dan Ibas. Ia mengatakan, kekhawatiran dua putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu adalah hal yang wajar karena memang negara saat ini sedang sakit parah. Bahkan, Jerry berpendapat Covid-19 di Indonesia sudah stadium 4.

Pasalnya, Jerry menyebut sudah 16 bulan Covid-19 melanda Tanah Air namun belum ada tanda-tanda kapan wabah ini berakhir. Sebaliknya, kondisi bangsa kian mengkhawatirkan karena lonjakan kasus Covid beberapa waktu belakangan.

"Saya sepakat dengan Ibas dan AHY terkait failed nation. Memang bangsa ini sedang sakit parah. Lihat saja kasus Covid-19 sudah hampir 1,4 tahun tapi tak ada sinyalemen tuntas. Bisa saya sebut Covid-19 di Indonesia sudah stadium 4," kata Jerry kepada netralnews.com, Minggu (11/7/2021).

Hal tersebut, menurut Jerry, diakibatkan oleh ketidakmampuan pemerintah mengurus bangsa ini. Pemerintah, lanjutnya, tak punya grand strategy dan grand design dalam menangani pandemi Covid-19.

"Alasannya, para pemimpin kita tak punya grand strategy and grand design. Pemerintah kita tak punya kemampuan mengurus bangsa ini," ujarnya.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu menambahkan, tim yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani pandemi Covid-19 juga gagal total.

"Semua tim Jokowi yang terlibat gagal total mereka tak berdaya menghadapi krisis ini. Jadi jika gagal istilahnya tak perlu  berdalih dan berkelit sudah jelas mereka tak punya ability atau kemampuan," jelas Jerry.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Ibas Yudhoyono menyoroti pandemi Covid-19 di Tanah Air yang kian mengganas.

"Covid-19 makin 'mengganas'. Keluarga, sahabat dan di lingkungan kita banyak yang terpapar bahkan meninggal dunia. Sampai kapan bangsa kita akan terus begini?" kata Ibas, Selasa (6/7/2021).

Kondisi ini membuat Ibas khawatir Indonesia disebut failed nation karena ketidakmampuan negara menyelamatkan rakyat dari pandemi Covid-19.

"Jangan sampai negara kita disebut sebagai 'failed nation' akibat ketidakmampuan negara selamatkan rakyatnya," ujarnya.

Senada dengan Ibas, Agus Yudhoyono juga mempertanyakan sampai kapan Indonesia berada dalam situasi yang mencekam akibat pandemi Covid-19.

"Hampir sekian menit sekali terdengar sirine kencang ambulans. Hampir sekian jam sekali terima berita duka dari yang kita kenal. Ini mengonfirmasi, setiap hari ada rekor baru, baik jumlah yang positif terpapar, maupun yang meninggal dunia. Sampai kapan Indonesia?," tulis AHY di akun Twitter-nya, Rabu (7/7/2021).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P