Netral English Netral Mandarin
09:11 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Siap-Siap, Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia dan Masyarakat

Selasa, 12-January-2021 15:22

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Foto : Setkab
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, selain tenaga kesehatan, petugas publik dan kelompok Lanjut Usia (Lansia) akan menjadi prioritas vaksinasi pada periode Januari- April 2021.

Vaksinasi pada 21,5 juta Lansia rencananya akan dilakukan pada Maret-April. Vaksinasi dilakukan apabila sudah mendapatkan informasi keamanan untuk kelompok umur tersebut.

Diakui Menkes, Indonesia ini agak berbeda dengan negara lain. Ada negara yang mendahulukan Lansia, tetapi di Indonesia dibagi menjadi 2A dan 2B. 



"Karena vaksin yang ada punya Sinovac uji klinisnya baru mencapai usia 59 tahun. Kami harapkan kalau Pfizer-Biontech dan AstraZeneca datang di bulan April adalah vaksin yang memang uji klinis diatas 60 tahun," kata Menkes Budi di Komisi IX DPR, Selasa (12/01/2021).

Setelah selesai pada Lansia, maka pada Mei akan dilanjutkan dengan vaksinasi untuk seluruh masyarakat.

Sebelum vaksinasi pada Lansia dan masyarakat umum, ada sebanyak 1,48 juta tenaga kesehatan terlebih dahulu yang akan mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi akan dimulai Rabu (13/1/2021) dan diharapkan selesai pada Februari. 

Vaksin selanjutnya akan diberikan pada 17,4 juta petugas publik. Para petugas mendapatkan prioritas karena berisiko tinggi bertemu dengan banyak orang. 

Pada Januari, ditargetkan akan ada 566 ribu tenaga kesehatan yang divaksinasi. Lantas sebanyak 900 ribu orang tenaga kesehatan akan divaksinasi pada Februari, seperti diberitakan CNBC Indonesia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati