Netral English Netral Mandarin
22:31wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Mari Kenali Sejarahnya

Kamis, 26-Agustus-2021 07:35

Pameran mobil yang diselenggarakan sebelum pandemi di era modern.
Foto : Antara Foto
Pameran mobil yang diselenggarakan sebelum pandemi di era modern.
32

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Siapa penemu mobil pertama di dunia? Tidak semua orang tahu penemu mobil yang sebenarnya. Padahal saat ini kendaraan roda empat sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Desain kabin dengan fitur AC dan keamanan bisa didapatkan dengan mudah. 

Mobil juga memiliki berbagai desain menarik dengan variasi tenaga penggerak. Ada dua jenis mobil sesuai dengan bahan bakarnya yaitu mobil dengan tenaga bensin dan mobil listrik. Keduanya saat ini bersaing di pasaran. 

Namun tahukah Anda, jauh sebelum diciptakannya mobil dengan bahan bakar bensin oleh Karl Benz, sudah ada mobil yang diciptakan. Yuk kenali sejarah lengkapnya. 

Sejarah Mobil yang Dimulai dari Mobil Bertenaga Uap

Pada tahun 1769 lah sebenarnya asal usul mobil mulai tercetuskan. Nicolas J Cugnot, seorang ilmuwan Perancis menciptakan kendaraan dengan roda 3 berukuran besar. Kendaraan tersebut diciptakan untuk mengangkut meriam yang membantu perang. 

Berawal dari kebutuhan militer itulah, mobil pun diciptakan oleh ilmuwan lainnya. Konsep yang diciptakan oleh Nicolas ini cukup menarik, walaupun dalam prakteknya masih banyak memiliki kekurangan. 

Nicolas menciptakan kendaraan tersebut karena terinspirasi dari kereta kuda yang memiliki ban. Ide tersebut menarik perhatian banyak ilmuwan untuk bisa lebih mengembangkannya. Masih dengan tenaga penggerak berupa uap, James Watt pun di tahun 1784 menciptakan kendaraan sejenis. 

Tak hanya itu saja, masih ada Richard Trevenick yang di tahun 1830 menciptakan mobil tenaga uap dengan kecepatan 20 km/ jam. Sampai pada akhir abad ke 19 mobil dengan tenaga uap terus banyak diciptakan. 

Hanya saja semua kendaraan tersebut memiliki kelemahan besar, yaitu masalah sering meledak. Namun kemajuannya adalah bunyi mesin yang lebih halus tanpa menciptakan asap tebal seperti uap pada kereta api. 

Perubahan mobil dengan tenaga uap pun berubah di pertengahan abad ke-19. Di mana Joseph E. Lenoir, insinyur dari Perancis menciptakan kendaraan dengan bahan bakar campuran yaitu batu bara dan gas dan udara pada tahun 1860. 

Mobil Berbahan Bakar Bensin di Era Modern 

Era dari mobil dengan bahan bakar uap pun berakhir ketika Karl Benz seorang wara Jerman di tahun 1886 menciptakan mobil dengan tenaga bensin. Inspirasi dari Karl sendiri berasal dari pengalamannya yang sering menggunakan sepeda gayung ketika bepergian. 

Karl berpikir bagaimana sepedanya bisa berjalan tanpa harus mengayuh. Dari situlah mobil di era modern pun diciptakan dan desain yang dimilikinya masih mirip dengan sepeda roda tiga. 

Sebagai penemu mobil pertama dengan bahan bakar bensin, Karl tidak langsung berhasil. Pada saat uji coba mobil yang pertama kali, yaitu Benz Patent Motorwagen masih banyak kekurangan. 

Mobil yang diciptakannya tidak memiliki gigi sehingga tidak bisa dikontrol. Alhasil pada saat uji coba, mobil tersebut menabrak dinding. Publik pun takut untuk bisa mengendarai mobil ciptaannya. 

Pada saat yang bersamaan, penemu mobil dengan bahan bakar bensin lain yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart juga mengembangkan proyek yang mirip. Hanya saja Karl Benz lebih cepat, dan di tahun 1879 Karl telah menyelesaikan penemuan mobil dan mematenkannya. 

Setelah Karl, ada juga George B Selden yang berhasil menciptakan mobil dengan mesin dua stroke di tahun 1895. Hanya selang beberapa tahun saja, ada beberapa jenis mobil yang saling bersaing yaitu tenaga uap, bensin dan juga listrik. 

Hanya saja mobil dengan bahan bakar bensin yang lebih terkenal dan banyak digunakan masyarakat. Apalagi ditambah penemu mobil dengan mesin hybrid pertama yaitu Ferdinand Porsche. 

Di bulan Januari 1907, Ferdinand menciptakan Lohner Porsche Mixte Hybrid. Setelah itu pada tahun 1902 mobil diproduksi dengan skala yang lebih besar dengan harga terjangkau oleh Oldsmobile. 

Pada tahun 1910, Henry Ford pun berperan besar untuk mengembangkan mobil-mobil dari Eropa. Apabila dilihat dari sejarahnya sebenarnya penemu mobil pertama kali adalah Nicolas J Cugnot yang mencetuskan ide kendaraan pengangkut meriam. 

Hanya saja, Karl Benz sang penemu mobil dengan bahan bakar bensin terus mengembangkan mobil yang diciptakannya. Insinyur yang berasal dari University Karlsruhe inilah yang tidak pernah berhenti menciptakan mobil. 

Bahkan setelah kegagalan demonstrasi pertamanya kepada publik, Karl terus memperbaiki kekurangan dari mesin mobil ciptaannya. Hingga suatu saat Bertha Benz, sang istri yang diam-diam mengendarai Benz Patent Motorwagen yang telah diperbaiki. 

Mobil yang dikendarai oleh istrinya tersebut itulah yang menjadi titik awal kesuksesan Benz hingga terkenal sampai saat ini. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian