Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:23wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Silaturahmi Online Jadi Pilihan, Yuk Meriahkan dengan Hiasan Lebaran Buatan Sendiri

Senin, 03-Mei-2021 08:01

Ilustrasi hiasan atau dekorasi ruangan pada hari Lebaran.
Foto : fatimaaqil.com
Ilustrasi hiasan atau dekorasi ruangan pada hari Lebaran.
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Merayakan hari raya Idul Fitri atau Lebaran, dalam kondisi pandemi seperti saat ini memang jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Lebaran yang identik dengan mudik, sangat dianjurkan jangan dulu dilakukan demi mencegah semakin luasnya penyebaran wabah virus corona alias COVID-19 itu.

Merayakan Lebaran di rumah aja, lakukan silaturahmi secara online dengan teman, sanak dan kerabat, jadi pilihan yang lebih baik ketimbang mudik.

Sisi positif lainnya, Lebaran online malah bisa jadi ajang kreasi agar kita lebih kreatif menciptakan suasana Idul Fitri jadi seru dan semarak.

Buatlah hiasan-hiasan Lebaran sendiri untuk memanfaatkan waktu di rumah aja. Nah, ide dekorasi yang dikutip dari laman indonesia.travel berikut mungkin bisa jadi inspirasi untuk Anda. Silakan dicoba!

1. Menghias Kartu Lebaran

Kalau biasanya kita beli kartu ucapan selamat Idul Fitri, kenapa tahun ini nggak bikin sendiri aja? Dengan kertas karton, cat dan juga beberapa peralatan yang ada di rumah, kita bisa kok mengkreasikan kartu ucapan Lebaran sendiri.

Untuk yang suka melukis, kartu Lebaran bisa dilukis sendiri sambil digabung dengan tulisan atau hiasan bertema Lebaran. Bikin kartu Lebaran sendiri bisa lebih keren kan?

2. Menghias Dinding

Bosan dengan hiasan dinding yang ada di rumah? Ini saatnya membuat hiasan dinding untuk menyambut Lebaran. Kita bisa membuat semacam bunting flag dari kain ataupun kertas. Panjang dan desain hiasan bisa disesuaikan dengan dinding yang akan dihias.

Untuk ide tulisannya, bisa di buat sendiri atau cari di internet. Jangan lupa pilih warna cerah agar nuansa yang ada di rumah semakin ceria, ya.

3. Menghias Meja Makan

Saat Lebaran nanti, pasti acara makan bersama dengan keluarga jadi salah satu momen istimewa, iya kan? Biar acara santap hidangan Lebaran jadi seru, meja makan juga harus dihias, nih.

Kita bisa memanfaatkan bunga-bunga yang ada di halaman rumah atau beberapa jenis dedaunan yang ada di sana untuk dirangkai dalam vas. Kalau tak ada vas, bisa memanfaatkan botol-botol minuman kaca bekas yang tidak lagi terpakai.

4. Menghias Ruang Keluarga

Kalau meja makan sudah selesai dihias, jangan lupa juga untuk memberikan sentuhan ornamen Lebaran di pojok ruang keluarga. Manfaatkan warna-warna terang agar suasana jadi semarak dan ceria.

Kita juga bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak lagi terpakai untuk membuat hiasan ruang keluarga sendiri.

Nah, nanti saat silaturahmi online, ruang keluarga yang sudah diberi hiasan bisa jadi background yang seru saat berbincang-bincang sama kerabat atau keluarga yang jauh. Ornamen lucu bisa bikin suasana ngobrol jadi makin seru!

5. Menghias Teras

Walaupun berada di luar rumah, teras juga perlu dihias agar suasana Lebaran makin terasa. Kalau biasanya meja teras dibiarkan polos tanpa hiasan, Lebaran kali ini bisa kita hias dengan memanfaatkan hiasan dari bunga juga daun kering serta menambahkan ornamen gantung khas Lebaran yang bisa dibuat sendiri. Nah, ruang teras sekarang jadi semarak dengan hiasan yang unik.

Gampang kan membuat hiasan dekorasi sendiri? Yang terpenting adalah dengan menciptakan suasana Lebaran yang hangat agar nuansa Lebaran di rumah aja tetap terasa seru dan semarak.

Yuk, gali kreativitasmu agar tetap dapat berbagi kebahagiaan saat Lebaran online di rumah aja.

 

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli