Netral English Netral Mandarin
04:14wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Sindir Roy Suryo, Eko: Cara Biar Harta Naik, Ya Jualan Panci Pak

Rabu, 15-September-2021 12:30

Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi
Foto : Twitter
Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menyindir mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang mempersoalkan bertambahnya harta kekayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di masa pandemi Covid-19.

Adapun Roy Suryo mempertanyakan caranya menjadi seperti Presiden Jokowi yang bekerja keras dan jujur di masa pandemi, tetapi hartanya bisa naik Rp8,9 miliar dalam setahun.

Eko mengomentari pertanyaan Roy itu dengan menyebut bahwa cara menambah harta adalah dengan berjualan panci.

"Caranya biar harta naik, ya jualan panci pak...," tulis Eko di akun Twitternya, @_ekokuntadhi, Selasa (14/9/2021).

Sebelumnya diberitakan, jumlah harta kekayaan Presiden Jokowi naik sekitar Rp8,9 miliar selama pandemi Covid-19 berlangsung. Hal tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan laporan periodik 2020 yang disampaikan pada 12 Maret 2021, total harta Jokowi mencapai Rp 63,6 miliar. Jumlah itu meningkat dari LHKPN Jokowi pada 29 Februari 2020 yang berada di angka Rp54,7 miliar.

Dalam LHKPN, Jokowi tercatat memiliki harta berupa tanah dan bangunan di 20 lokasi. Mulai dari Sukoharjo, Surakarta, hingga Jakarta Selatan yang totalnya mencapai Rp 53,2 miliar.

Presiden Jokowi juga memiliki harta kas dan setara kas sebesar Rp10 miliar, kemudian harta berupa alat transportasi dan mesin Rp527,5 juta serta harta bergerak lainnya senilai Rp357,5 juta.Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki hutang senilai Rp 597,5 juta.

Bertambahnya harta kekayaan Presiden Jokowi itu menjadi sorotan Roy Suryo. Melalui akun Twitternya, Roy mempertanyakan bagaimana caranya agar harta kekayaan naik di tengah pandemi seperti Presiden Jokowi.

Roy Suryo menyebut pertanyaan itu sebagai surat terbuka dan mengatasnamakan rakyat.

"Surat Terbuka untuk Presiden Pak Jokowi, karena sudah jadi berita media-media mainstream (= bukan hoax)," tulis KRMTRoySuryo2, Minggu (12/8/2021).

"Rakyat ingin bertanya: Bagaimana caranya bisa seperti bapak, bekerja keras dan jujur di masa pandemi, tetapi dapat hasil Rp8,9 miliar dalam setahun?" tanya Roy Suryo.

Mantan politisi Partai Demokrat itu lantas mengusulkan untuk membuat webinar nasional yang membahas soal kenaikan harta Presiden Jokowi itu.

"Usul, kalau bisa di Webinarkan secara nasional, pasti ambyar," kata Roy Suryo. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli