• News

  • Sisi Lain

Bukti Baru! Taman Langsat Paling Angker di Antara 5 Lokasi Lain

Taman Langsat dikenal angker
foto: istimewa
Taman Langsat dikenal angker

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Berdasar penelusuran Netralnews, Taman Langsat yang berlokasi di Jalan Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan memiliki tingkat keangkeran yang saat ini paling disoroti oleh banyak pecinta dan pemburu kisah misteri.

Di Jakarta, selain Taman Langsat, sebenarnya ada banyak lokasi lain yang terkenal angker, misalnya Lubang Buaya, Menara Saidah, jalan kereta Bintaro, rumah Pondok Indah, dan lain-lain.

Salah satu penyebab mengapa Taman Langsat populer akhir-akhir ini, menurut kesaksian sesepuh setempat, di taman seluas 3,6 hektar ini, ternyata tak hanya karena sering terjadi penampakan kuntilanak dan sosok makhluk astral lainnya, ternyata di tempat tersebut terdapat istana gaib.

“Jadi, area taman ini mulai dirintis di era Gubernur Ali Sadikin. Mulanya berupa rawa. Namanya rawa, selalu disukai sebagai tempat tinggal makhluk halus dan berkumpul jadi satu seperti istana hantu. Jadi sejak awal memang angker,” kata Marworo, sesepuh Taman Langsat kepada Netralnews baru-baru ini.

Menurut penuturannya, di sebelah ujung taman, dahulu ada tujuh sumur yang airnya jernih. Banyak orang akan berlama-lama mandi karena airnya menyegarkan. Saking asyiknya, bisa lupa pulang. Sayangnya, sumur yang konon saling terkait itu kemudian dikubur.

“Seiring pembangunan taman, tujuh sumur itu kemudian dikubur, tapi lokasinya saya masih hafal,” sambungnya.

Mengenai keangkeran Taman Langsat, seingat Marworo, salah satu penyebabnya adalah karena pernah ada kejadian seorang pegawai taman bunuh diri.

“Pegawai ini cekcok sama istrinya yang nakal. Mungkin karena sakit hati dan kecewa dengan istrinya, ia bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri di bangunan yang dulu seperti pura. Lehernya nyaris putus. Sejak itu, sering ada penampakan kepala berjalan. Saya sering melihatnya,”  kata Marworo.

Marworo juga menyatakan bahwa pusat berkumpulnya makhluk halus di taman ini berada di pohon karet kebo (Ficus elastica) besar di dalam taman. Sementara gerbang menuju istana gaib itu berada tak jauh dari aula taman.

“Di pohon karet kebo itu, ada juga genderuwo. Banyaklah roh halus yang menghuninya. Kalau, Anda nggak percaya, coba saja buat ulah. Nantang roh penunggu itu, nanti akan datang,” kata Marworo.

Ia juga mengisahkan bahwa belum lama ini, ada lima perempuan yang menegurnya dan tak percaya dengan penjelasan Marworo. Akibatnya pun fatal.

“Ada lima perempuan jalan-jalan. Padahal siang hari. Mereka saya sarankan hati-hati dan tidak sembrono tapi malah mengatakan, ‘Bapak beragama Islam bukan? Dalam Islam, tak ada roh gentayangan,’” kata Marworo menirukan perempuan itu.

Bukti lain dari keangkeran sekitar taman juga berada di salah satu saung yang tak jauh dari kantor taman. Dahulu, ketika akan digali, petugas penggali tak percaya ketika diberi saran agar sebaiknya diberi sesaji kopi dan rokok.

Akibatnya, mesin-mesin pengeruk mengalami kerusakan dan penggalian sempat gagal. Setelah mau mendengarkan saran Marworo, barulah proyek itu bisa lancar.

“Mau percaya atau tidak ya silakan. Namun dalam keyakinan saya, dan apa yang saya lihat, ya memang begitu adanya. Dalam Islam pun juga disebutkan tentang makhluk halus yakni setan dan jin,” pungkas Marworo.

Usai berbincang-bincang dengan Marworo, salah satu teman Netralnews yang merupakan seorang indigo, ternyata mampu melihat dan membenarkan apa yang dikisahkan Marworo. Kawan itu bernama Deri.

Kisah tentang penelusuran Taman Langsat bersama kawan indigo bisa disaksikan di channel Netralnews. Berdasar apa yang dilihat Deri, terbukti bahwa di taman ini, terdapat gerbang gaib. 

Selian Taman Langsat, sedikitnya ada 5 lokasi angker lain di Jakarta yang sangat terkenal. Berikut lokasi tersebut:

1. Jembatan Ancol

Kisahnya populer karena pernah dijadikan filem hingga sinetron. Bahkan, sebentar lagi juga akan tayang film baru berjudul “Si Manis Jembatan Ancon” yang akan tayang waktu dekat.


Hantu jembatan Ancol, menurut sejarah terkait dengan sosok Maryam menjadi korban kekerasan seksual. Ia dibunuh dan mayatnya dibuang ke Kali Ancol. Sejak saat itu, sosok hantunya dikabarkan sering muncul di sekitar Jembatan Ancol.

2.  Lubang Buaya

Dinamakan Lubang Buaya karena ada sebuah legenda yang menyebutkan bahwa ada banyak buaya putih di sungai dekat kawasan tersebut.


Nah, karena adanya tragedi pembantaian tersebut, kabarnya di Lubang Buaya pada malam hari cukup sering muncul penampakan sosok manusia yang memakai seragam tentara dengan kondisi muka yang berlumuran darah.

Tempat ini menjadi lebih terkenal karena peristiwa G-30-S yang kemudian mengakibatkan beberapa perwira TNI-AD meninggal setelah diculik dan disiksa.

3.  Menara Saidah

Gedung di jalan Letjen M.T. Haryono ini memiliki 28 lantai yang sudah tidak berpenghuni sejak tahun 2007. Konon, salah satu alasannya karena adanya cerita-cerita horor.

Tidak sedikit karyawan perusahaan yang melapor bahwa mereka mendengar suara-suara aneh dari gedung tersebut. Beberapa bahkan kabarnya pernah bertemu dengan hantu seperti kuntilanak.

4.  Lintasan Rel Kereta Bintaro

Akibat kecelakaan kereta pada 19 Oktober 1987, lokasi sekitarnya dikabarkan sering ada penampakan aneh. Memang, kecelakaan tersebut mengakibatkan banyak korban. Orang banyak kemudian mengaitkan penampakan dengan tragedi tersebut.


Kabarnya, penduduk sekitar pernah melihat potongan kepala korban yang menggelinding, mendengar suara rintihan dan tangisan, hingga bertemu sosok hantu dengan baju yang compang-camping.

5.  Rumah Pondok Indah

Rumah yang dimaksud berada di kawasan Dharmawangsa, Pondok Indah. Kabarnya, dulu rumah ini ditempati oleh sebuah keluarga yang kaya yang seluruh anggotanya dibantai oleh kawanan perampok. Sejak saat itu, berbagai kejadian aneh mulai bermunculan.


Ada kesaksian, seorang penjual nasi goreng mendapat pesanan oleh penghuni rumah itu padahal rumah itu sudah kosong. Ketika penjual mengantar nasi pesanannya, terbukti rumah itu tak ada siapa-siapa dan gelap gulita.

Editor : Taat Ujianto