• News

  • Sisi Lain

Duh, Ikan Mas Raksasa Danau Toba Ditangkap Lagi, Bakal Ada Kapal Tenggelam?

Ilustrasi kapal tenggelam
Foto: Istimewa
Ilustrasi kapal tenggelam

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di sosial media, sedang viral seorang pemancing mendapatkan ikan emas berukuran jumbo di Danau Toba, Sumatra Utara, Foto ikan mas raksasa tersebut kemudian beredar dari akun ke akun.

Akun FB @Mak Lambe Turah, Minggu malam (9/8/2020) juga ikut membagikan tautan dan cuitannya dikomentari banyak warganet.

Mak Lembe Turah: Waaahh......ikannya gede amat. Gimana menurut folower Mak yang di Sumut??

Hotma Riody S: Harusnya di danau Toba itu namanya bkn ikan mas melainkan namanya ikan Lae..... Si Mimin salah dahhhh

Celvin Samosir:

Hehehe para netijen belum tau mistis di danau toba itu seperti apa,
Apalagi para netijen yg dari pulau jawa, mungkin belum pernah merasakan hawa mistis yg kuat jika melintas di atas nya.
Mknya mereka komen yg lucu"
Klean tau gk tragedi kapal sinar bangun,
Kejadiannya tepat bulan ini
Dan sebelumnya pun ada yg menangkap ikan mas besar, parawarga disana udah ingatkan agar di lepas tp di hiraukan.,
Ya mau di bilang mitos apa gk,
Kebetulan apa gk
Danau toba tiba" mempunyai gelombang seperti lautan yg dimana menenggelamkan kapal. Tersebuat. Ya paling gk kita lihat kejadiannya nanti aja dah, entah apa kejadian yg baru di danau toba.
Mudah"an gk ada kejadian yg aneh, sebab jika di sumut klo merayakan hari kemerdekaan, kebanyakan jalan" ketempat wisata.

Sebelumnya, seorang pemancing mengunggah hasil tangkapannya di akun FB @Juliarson Saragih.

"Berhasil mendarat dg sempurna. Ikan Mas 15 kg," tulis akun Facebook Juliarson Saragih, Jumat (7/8/2020).

Selain Juliarson, momen warga memancing ikan emas jumbo itu juga dibagikan akun Facebook Ando Tampubolon.

"Bukan mermaksud apa2 kita masih punya Tuhan, hanya saja tidak slah menghargai leluhur dan melestarikan alam karna alam jga bisa marah...," katanya.
Danau Toba memang dikenal sebagai danau terluas di Indonesia. Dahulu kala, danau itu merupakan gunung berapi.

Namun pada zaman kuno, Gunung Toba meletus dan akhirnya membentuk danau.

Beberapa netizen yang mengetahui adanya ikan berukuran besar yang berhasil dipancing di Danau Toba langsung bereaksi.

"Lebih baik dilepaskan cepat daripada menunggu sampai besok...  Takutnya yang tak diinginkan akan terjadi... Belajar dari kapal sinar bangun," tulis akun Ima Sari Pandiangan.

"Tolong lah.. Segera dilepaskan aja ikannya bang jangan nunggu besok. Takutnya ada nanti kejadian kayak kemarin bang. Jujur, merinding kali aku lihat ikan itu," tambah akun Vitry Pane

Mitos pertanda bencana

Kejadian penangkapan ikan mas raksasa di Danau Toba dikaitkan warganet dengan peristiwa tenggelamnya kapal motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba pada Senin, 18 Juni 2018 sekitar pukul 17.15 WIB. Kalau itu beredar pula cerita berbau mistis.

Pasalnya, sehari sebelum kapal tenggelamnya, warga menangkap ikan mas raksasa seberat 14 kilogram di Danau Toba. Ikan tersebut dibawa pulang ke rumah, kemudian dimasak dan disantap warga. Esok harinya, Senin (18/6/2018) KM Sinar Bangun tenggelam sekitar pukul 17.15 WIB.

Dinukil Pojoksatu, Budayawan muda Batak, Rismon Raja Mangatur Sirait percaya bahwa tragedi kapal tenggelam di Danau Toba tidak semata-mata karena faktor alam dan kelalaian manusia.

Rismon pun mengaitkan peristiwa itu dengan penangkapan ikan mas raksasa di Dana Toba. Menurut dia, ikan itu ditangkap warga di Danau Toba pada tanggal 17 Juni 2018 pukul 16:30.

Tragedi ini menyebabkan ratusan orang tenggelam. Hingga Kamis (21/6/2018) korban hilang sebanyak 185 orang. Sedangkan korban selamat 21 orang dan korban meninggal dunia 3 orang.

Tragedi kapal tenggelam mengingatkan kembali pada 10 cerita mistis Danau Toba yang dipercaya warga setempat. Salah satunya terkait keberadaan ikan mas raksasa.

Menurut cerita rakyat yang diyakini secara turun menurun menyebutkan bahwa di Toba ada sosok tiga ekor ikan mas yang sangat besar dengan warna khas Batak (Bonang Manalu) yaitu merah, hitam dan putih.

Menurut pengakuan masyarakat sekitar, mereka acap kali melihat ketiga ekor ikan berukuran berbeda antara 5-10 meter melintasi danau.

Nelayan di perairan Toba selalu gelisah saat rombongan ikan itu lewat karena kerap kali merusak perangkap jala mereka. Konon katanya ketiga ekor ikan itu adalah penunggu Toba yang telah ada selama ratusan tahun silam.

Apakah peristiwa itu benar adanya, atau hanya cerita rakyat, silakan nilai sendiri.

Editor : Taat Ujianto