Netral English Netral Mandarin
00:32wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Sistem Gage Bakal Kembali Diterapkan pada 12 Agustus, Berikut Titik-titiknya

Selasa, 10-Agustus-2021 21:40

Ganjil Genap bakal diberlakukan pada 12 Agustus
Foto : Istimewa
Ganjil Genap bakal diberlakukan pada 12 Agustus
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan pembatasan mobilitas warga dengan sistem ganjil-genap alias gage bagi kendaraan roda empat.

Kebijakan ini berlaku sejak 12-16 Agustus 2021 di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kebijakan akan diterapkan di delapan ruas jalan mulai pukul 06.00-20.00 WIB. 

"Hal yang mendasari kebijakan ini adalah Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 320/2021/tanggal 10 Agustus 2021,” kata Sambodo, di Polda Metro Jaya, Selasa (10/8/2021).

Berikut daftar delapan ruas jalan di Jakarta yang menerapkan sistem Gage:

Jalan Sudirman;

Jalan MH Thamrin;

Jalan Merdeka Barat;

Jalan Majapahit;

Jalan Gajah Mada;

Jalan Hayam Wuruk;

Pintu Besar Selatan;

Jalan Gatot Subroto.

Diketahui, sistem ganjil genap di DKI Jakarta ditiadakan sejak September 2020 lalu. Kala itu, ganjil genap tidak diberlakukan beriringan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya terus meniadakan sistem ganjil genap selama pandemi virus corona. Meski kebijakan pembatasan masyarakat sudah berganti dari PSBB hingga PPKM, ganjil genap tetap tak diterapkan.

Baru saat ini ganjil genap akan diterapkan. Itu pun secara bertahap, yakni diberlakukan di 8 ruas jalan terlebih dahulu. Kebijakan itu diambil seirama dengan pelonggaran kegiatan masyarakat selama PPKM Level 4 berlaku hingga 16 Agustus.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani