Netral English Netral Mandarin
12:22wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Soal '10 Orang Kaya Cuma 1 yang Muslim,' Musni: Pak JK Kemukakan Kebenaran, Ini Fakta yang Menyedihkan

Rabu, 16-Juni-2021 20:20

Akademisi Musni Umar
Foto : Istimewa
Akademisi Musni Umar
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sosiolog Musni Umar membenarkan pernyataan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) soal ekonomi umat Islam yang sedang pincang karena dari 10 orang kaya, hanya 1 yang muslim, dan apabila ada 100 orang miskin maka 90-nya adalah umat Islam.

"Pernyataan Pak JK merupakan fakta yang amat menyedihkan. Pak JK kemukakan kebenaran," tulis Musni di akun Twitternya, Rabu (16/6/2021).

Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) itu berpendapat, ketimpangan tersebut terjadi karena ada 'perselingkuhan' penguasa politik dan penguasa ekonomi.

"Untuk mewujudkan keadilan hampir mustahil karena dalam pelaksanaan demokrasi selalu terjadi perselingkuhan penguasa politik dan penguasa ekonomi. Akibatnya demokrasi ekonomi tidak bisa diwujudkan," kata Musni.

Sebelumnya, Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla berpendapat bahwa ekonomi umat Islam sedang pincang karena dari 10 orang kaya, hanya 1 yang muslim, dan jika ada 100 orang miskin maka 90-nya adalah umat Islam.

Hal tersebut disampaikan JK dalam acara silaturahmi Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang ditayangkan secara virtual, pada Senin (14/6/2021).

"Dari sisi ekonomi apabila ada 10 orang kaya, maka paling tinggi 1 orang muslim. Tapi apabila 100 orang miskin, setidaknya 90 umat yang miskin. Jadi pincang keadaan ekonomi kita," kata JK.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P