3
Netral English Netral Mandarin
21:27 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Soal Aturan Berjilbab SMK 2 Padang, TG: Yang Beragama Islam Pun, Tak Boleh Dipaksa Berjilbab

Minggu, 24-January-2021 22:30

Teddy Gusnaidi, Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI).
Foto : Twitter Teddy Gusnaidi
Teddy Gusnaidi, Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI).
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi menilai penerapan aturan seragam berkerudung atau berjilbab di SMK Negeri 2 Padang kepada seluruh siswa, tidak terkecuali non muslim, tidak tepat. Meskipun aturan tersebut hanya himbauan dan tidak ada paksaan, aturan seperti ini tidak boleh terjadi.

Teddy mengatakan bahwa siswi muslim pun, tidak boleh dipaksa untuk menggunakan jilbab.

“Jangankan yang bukan beragama Islam, bahkan yang beragama Islam pun, tidak boleh dipaksa untuk menggunakan Jilbab,” tulis Teddy di akun Twitternya, Minggu (24/1/2021).

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar, Jasman Rizal, menyatakan Pemprov Sumbar tidak pernah membuat aturan yang mewajibkan siswi nonmuslim untuk berpakaian muslim di sekolah. Kalau ada aturan seperti itu, dia mengira bahwa aturan itu itu dibuat oleh pihak sekolah.

Menyikapi masalah itu, Dinas Pendidikan Sumbar menurunkan tim investigasi ke SMKN 2 Padang. Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri, mengatakan jika nanti tim menemukan penyimpangan yang tak sesuai dengan aturan, maka pihaknya akan memproses pihak sekolah.

"Kalau ada aturan, praktik, tindakan di luar ketentuan, saya akan mengambil sikap tegas. Kami sudah menurunkan tim ke sekolah. Tim sedang bekerja mengambil data dan informasi. Nasib kepala sekolah (SMKN 2 Padang) bergantung dari hasil investigasi," ucap Adib.

Atas kejadian itu, Adib mengatakan pihaknya akan memeriksa SMA/SMK seluruh Sumbar untuk melihat ada atau tidak aturan seperti itu (aturan yang mewajibkan siswi nonmuslim berpakaian muslim). Jika ditemukan ada sekolah yang menerapkan aturan itu, pihaknya akan meminta penyelenggara sekolah tersebut untuk merevisi aturan yang dimaksud.

Perihal Jeni, Adib memerintahkan penyelenggara SMKN 2 Padang untuk menjamin kenyamanan Jeni dalam bersekolah dan menjamin tidak ada diskriminasi terhadap siswi tersebut.

"Jika nanti ini akan menimbulkan gejolak juga, kami dari dinas akan memproses (penyelenggara sekolah) sesuai dengan aturan," katanya.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP