3
Netral English Netral Mandarin
16:20 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Soal Banjir Jakarta, HNW Sentil Jokowi, Uki Balas Kritik Kinerja Anies

Rabu, 24-Februari-2021 04:00

Mantan Juru Bicara PSI Dedek Prayudi (Uki).
Foto : PSI
Mantan Juru Bicara PSI Dedek Prayudi (Uki).
102

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Juru Bicara PSI Dedek Prayudi (Uki) mengomentari cuitan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) yang menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penyelesaian masalah banjir di DKI Jakarta. 

Adapun HNW mengungkit pernyataan Jokowi pada 2014 lalu saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta bahwa masalah banjir di Ibu Kota akan mudah diatasi jika ia menjadi presiden, namun sudah tahun ke-7 menjabat presiden, Jokowi belum juga berhasil mengatasi masalah banjir. 

Uki mengatakan, ketika Jokowi menjadi presiden dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) naik menggantikan posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, saat itu normalisasi sungai masif dilakukan, dan itu membuahkan hasil dengan berkurangnya banjir di Ibu Kota. 

"3 tahun pertama Presiden Jokowi menjabat, Ahok Gubernurnya. Saat itu masif dilakukan normalisasi sungai. Banjir berkurang dan makin cepat surut," tulis Uki di akun Twitternya, Selasa (23/2/2021). 

Namun, lanjutnya, setelah Ahok diganti Gubernur Anies Baswedan, program normalisasi sungai terhenti. Pun, program naturalisasi yang digagas Anies tidak berjalan. 

Diketahui program normalisasi sungai ini merupakan salah satu upaya pencegahan banjir di era Gubernur Ahok yang dikerjakan bersama pemerintah pusat. Anies lantas mengubah istilah normalisasi dengan naturalisasi untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.

"Anies naik pada 2017, normalisasi terhenti, naturalisasi gak jalan. Banjir makin parah, data dimanipulasi," ungkap @Uki23.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyoroti banjir yang melanda berbagai wilayah di Jakarta beberapa hari terakhir. Melalui akun Twitternya, HNW menyinggung pernyataan Jokowi saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2014 lalu. 

Kala itu, Jokowi mengatakan permasalahan kemacetan dan banjir di Jakarta akan mudah teratasi jika dia menjadi presiden, karena seorang presiden akan mudah mengatur dan memerintahkan kepala daerah di kawasan Jabodetabek untuk bekerja sama.

"Filksofi menahan air banjir? Mungkin justru agar Warga Jakarta ingat kepada @jokowi, yang saat jadi Gubernur DKI pernah nyatakan bahwa banjir di Jakarta lebih mudah diatasi jika Jokowi jadi Presiden RI," cuit @hnurwahid, Senin (22/2/2021). 

Mengingat pernyataan Jokowi itu, HNW lantas bertanya apakah persoalan banjir di Ibu Kita sudah mampu diatasi setelah Jokowi menjadi presiden. 

"Kini, sudah tahun ke 7 Jokowi jadi Presiden, bagaimana banjir di Jakarta, sudah diatasi?" cuit Wakil Ketua MPR itu. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani