3
Netral English Netral Mandarin
15:54 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Soal Banjir, Netizen Tuding Loyalis Anies Lakukan Pembohongan Publik

Senin, 22-Februari-2021 19:04

Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah
Foto : Rmol
Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Warganet (netizen) menuding loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah, melakukan pembohongan publik terkait banjir di Jalan Tol TB Simatupang, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/2/2021)

Tudingan itu muncul setelah Geisz mengunggah sebuah video yang seolah menunjukkan arus lalu lintas di Tol TB Simatupang pada Sabtu pukul 14.40 WIB sudah kembali normal dan tidak ada banjir.

Video yang diunggah Geisz memperlihatkan kondisi jalan yang kering, bersih, dan tak tampak seperti habis kebanjiran, arus lalu lintas pun tampak lengang.

Dalam cuitannya, Komisaris Ancol itu mengaku informasi dan video yang diunggah didapat dari aplikasi percakapan WhatsApp (WA).

"Barusan melintas pkl 14.40, banjir tol Simatupang yang viral itu, sudah surut dan lancar. (Copas via WA)," tulis Geisz di akun Twitternya,

Cuitan dan unggahan video Geisz itu langsung diserbu netizen. Pasalnya, berdasarkan informasi yang dibagikan netizen, kawasan Jalan TB Simatupang masih dilanda banjir hingga pukul 14.30 WIB.

Bahkan, pemberitaan media yang menyertakan foto dan video memperlihatkan bahwa pukul 14.45 WIB, genangan masih terlihat di sejumlah titik di Jalan TB Simatupang. Kawasan tersebut juga dipenuhi lumpur.

Alhasil, netizen mencibir dan menuding Geisz Chalifah melakukan pembohongan publik hingga tagar #GeiszBohong jadi trending topic di Twitter pada Minggu (21/2/2021).

Berikut komentar sejumlah netizen  menanggapi cuitan Geisz Chalifah, dikutip netralnews.com, Senin (22/2/2021).

"Pembohongan publik. Kemarin suami saya pulang dari Tangerang ke arah Depok sekira jam 14.30, Jalan tol TB. Simatupang masih banjir. Yaa Allah... Kok ada manusia seperti ini???" tulis @RisWiIFia333.

"Nanusia ini keterlaluan bohongnya, suami saya aja muter-muter kemarin karena diarahkan petugas untuk menghindari Jalan TB. Simatupang. Membela bukan berarti menyebarkan kebohongan kan?Orang seperti itu, ga akan mikir jauh bahwa segala sesuatu akan ada pertanggungjawabannya," tegas @RisWiIFia333.

"Awalnya ane sudah curiga. Kok yaa kering sekali gak ada sisa banjir dan gak mendung. Ini mah sudah manipulasi terus jilat terus," kata @olarizal.

"Wah...ini orang jelas-jelas boonk banget... bayangan dari kendaraan karena teriknya matahari aja terlihat begitu nyata dan sepanjang video tersebut jalanan tidak ada sedikitpun bekas-bekas air...padahal saat itu banjir rendaman air meluas dan level ketinggian air lumayan tinggi," ungkap @antoni268.

"Kebohongan publik yang dilakukan oleh pihak-pihak yabg terkait dengan instansi pemerintahan harusnya mendapat hukuman pidana yang serius karena kebohongan yabg dilakukan untuk menutupi aibnya sangat merugikan masyarakat...Bagaimana dengan para pemakai jalan yabg akhirnya terjebak disana akibat berita bohong tsb?" komentar @RerryawanRusli.

"Yang namanya loyalis anis, menghalalkan segala cara untuk junjunganya, meskipun dia sadar itu suatu kebohongan," sentil @Lovin06339556.

"Warganya udah ditimpa bencana masih juga berbohong penjilatnya...ati-ati karma menimpa lagi...liat Cipinang Melayu kebanggaan yabg katanya gak banjir, tidak butuh waktu ama...kebanggaan itu hancur," kata @ReinandGreynad76.

"Penjilat biasanya akan selalu memanipulasi keadaan hanya untuk menyenangkan jinjingannya, tidak ada lagi rasa malu bahkan hati nuraninya Puna kan ia campakkan. #hiduppenjilat," sindir @Radhee08.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati