Netral English Netral Mandarin
14:38wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Soal Capres 2024, Emrus: Puan Maharani Punya Nilai Lebih yaitu Pemimpin yang Keibuan

Rabu, 26-Mei-2021 06:04

Pengamat politik Emrus Sihombing
Foto : Istimewa
Pengamat politik Emrus Sihombing
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memiliki rekam jejak yang baik dan mumpuni sebagai legislatif maupun eksekutif.

Menurutnya, setiap Puan memegang sebuah jabatan, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu mampu menjalankan amanah itu secara benar dan penuh tanggung jawab.

Hal itu, kata Emrus, terbukti dengan suksesnya Puan sebagai anggota DPR periode 2009-2014, kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) di periode pertama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), dan kini menjadi Ketua DPR periode 2019-2024.

"Selama menjabat anggota DPR dan Menko PMK, cenderung tidak ada isu miring, masalah atau wacana di ranah publik soal sesuatu yang tidak berhasil atau buruk dari Puan. Itu artinya pekerjaannya berjalan dengan baik dan berhasil. Dari sudut ini dia hebat dong. Kinerjanya, tanggung jawabnya dilakukan dengan baik," ujar Emrus kepada netralnews.com, Selasa (25/5/2021).

Khusus untuk jabatan Puan sebagai Ketua DPR, Emrus mengatakan bahwa memimpin lembaga legislatif yang terdiri dari berbagai fraksi/partai dan dengan latar belakang anggotanya yang merupakan orang-orang hebat tentu bukanlah sebuah perkara mudah, namun Puan  membuktikan kalau dia mampu mengkoordinir semuanya dengan baik.

"Di DPR itu ada beberapa fraksi/partai, ada para politisi senior, orang-orang hebat semua itu, tapi bisa di-manage, dikoordinir sehingga semuanya berjalan dengan baik sampai sekarang, tidak ada suatu hal yang menghambat proses yang terjadi di sana, dinamika politik berjalan, ada musyawarah di sana," ungkapnya.

Kemampuan Puan memimpin DPR, lanjut Emrus, menunjukkan kalau wanita bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala itu adalah sosok pemimpin yang keibuan karena bisa merangkul semua perbedaan yang ada di DPR.

"Menurut saya dia punya leadership, dia punya managerial skill dan punya kelebihan yaitu pemimpin yang keibuan. Pemimpin keibuan itu kita harus beri suatu nilai plus dari pada pemimpin di luar keibuan. Contohnya seperti seorang ibu di rumah tangga yang bisa merangkul semuanya. Nah kepemimpinan keibuan dia miliki," jelasnya.

Dengan berbagai kelebihan dan rekam jejak yang mumpuni di legislatif dan eksekutif itu, Emrus berkesimpulan kalau Puan Maharani adalah figur yang sangat pantas menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 karena memenuhi kriteria menjadi pemimpin bangsa ini.

"Kalau dari rekam jejaknya itu, saya berpendapat Puan adalah salah satu tokoh bangsa yang sangat pantas dan mendekati sempurna untuk menjadi calon presiden. Soal diusung partai atau tidak itu urusan kedua, tetapi secara sosok dan keberhasilannya, rekam jejaknya sangat pantas dan mendekati sempurna untuk menjadi kandidat capres," pungkasnya. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati