Netral English Netral Mandarin
13:41wib
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta sejumlah pihak tidak memaksakan diri melakukan isolasi mandiri (isoman) saat terpapar virus corona. Wagub DKI meminta masyarakat tetap berada di rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak demi terhindar dari varian baru virus corona, yaitu varian Delta plus atau B.1.617.2.1
Soal Haji 2021, FH: Saya Desak Hidayat Nur Wahid Mundur Dari Jabatan Wakil Ketua MPR

Minggu, 13-Juni-2021 13:15

Ferdinand Hutahaean
Foto : Istimewa
Ferdinand Hutahaean
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eks politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mendesak Hidayat Nur Wahid (HNW) untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua MPR.

"Saya sebagai rakyat MENDESAK HIDAYAT NUR WAHID UNTUK MUNDUR DARI JABATAN WAKIL KETUA MPR RI," tulis Ferdinand di akun Twitternya, Minggu (13/6/2021).

Pasalnya, Ferdinand menyebut HNW telah menyebar informasi tidak akurat terkait keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah Haji 2021, namun HNW tidak merasa bersalah dan tidak merasa malu atas apa yang sudah dilakukan.

Desakan agar HNW mundur disampaikan Ferdinand menyusul keputusan pemerintah Arab Saudi bahwa Haji 2021 hanya dibuka untuk domestik Arab Saudi saja dan kapasitas maksimal jemaah yang bisa melaksanakan haji tahun ini adalah 60 ribu.

"Sebagai bangsa, kita harusnya malu punya Wakil Ketua MPR seperti @hnurwahid ini. Dia tidak merasa malu dan tidak merasa salah sudah menyebar informasi tak akurat soal haji," tulis @FerdinandHaean3.

Sebelumnya, Hidayat Nur Wahid mengkritik keputusan pemerintah Indonesia yang membatalkan pemberangkatan jemaah Haji 2021. HNW menilai pemerintah membuat keputusan secara sepihak dan itu membuat rakyat kecewa.

HNW pun menuding pemerintah, dalam hal ini Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak maksimal melakukan lobi dengan pemerintah Arab Saudi terkait kuota haji.

HNW juga membandingkan dengan langkah lobi berkelas yang dilakukan Menteri Agama Malaysia yang disebutnya langsung menjalin komunikasi dengan pihak tertinggi di Arab Saudi.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu bahkan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan dengan melobi Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud soal kuota haji.

Tak hanya itu, HNW juga meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit menyeluruh terhadap dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) secara transparan dan profesional.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P