Netral English Netral Mandarin
01:31wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Soal Muhammad Kace, Novel Bamukmin: Indonesia Sudah Jadi 'Surga' Buat Penista Agama

Rabu, 25-Agustus-2021 08:51

Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
Foto : Istimewa
Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin berpendapat bahwa Indonesia sudah menjadi 'surga' bagi penista agama lantaran banyak kasus dugaan penistaan agama yang belum diproses aparat penegak hukum. 

Menurut Novel, dari beberapa kasus dugaan penistaan agama yang ia laporkan, cuma kasus mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diproses hukum. Itupun, lanjutnya, karena ada tekanan massa lewat aksi demo berjilid-jilid.

Novel menuding mereka yang menistakan agama Islam namun tidak diproses hukum merupakan pendukung rezim sehingga terkesan sengaja dibiarkan.

Hal tersebut disampaikan Novel Bamukmin menanggapi kasus dugaan penistaan agama Islam oleh YouTuber Muhammad Kace alias Muhammad Kece.

"Indonesia sudah menjadi surga buat penista agama. Karena yang lalu saya dari dimulai oleh Ahok sampai sekarang sudah banyak yang dilaporkan namun satu pun tidak ada yang diproses, kecuali Ahok yang didemo berjilid-jilid baru diproses," kata Novel kepada netralnews.com, Rabu (25/8/2021).

"Sedang yang lain sengaja dibiarkan bebas karena memang dari kelompok rezim, walaupun Wapresnya kiyai (Ma'ruf Amin)," sambung Ketua DPP bidang dakwah Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) itu.

Karenanya, untuk kasus Muhammad Kace, Novel meminta polisi segera melakukan tindakan penegakan hukum.

Pasalnya, tambah Novel, dugaan penistaan agama yang dilakukan Kace berpotensi menimbulkan kegaduhan bahkan bisa rusuh jika aparat lamban dalam menyelesaikan kasus tersebut.

"Saya berharap aparat cepat tanggap memproses apa yang diduga si penista agama itu karena akan membuat gaduh bahkan bisa rusuh," ungkap Novel.

"Karena agama adalah hal yang sangat sensitif dan merupakan sila pertama dari Pancasila yang harus dijaga. Untuk siapapun tidak boleh menistakan unsur Ketuhanan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati