Netral English Netral Mandarin
16:24wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Soal Penurunan Level PPKM, Pemprov DKI Tunggu Pemerintah Pusat

Minggu, 08-Agustus-2021 06:00

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria
Foto : Istimewa
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kasus positif di Jakarta melandai. Meski demikian Pemprov DKI Jakarta belum menurunkan status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4.

Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria menegaskan, penurun level PPKM menunggu pemerintah pusat. Karena yang menentukan status level PPKM adalah pemerintah pusat.

"Tentu nanti pemerintah pusat yang memutuskan level 4, 3, 2, 1. Itu kebijakan pemerintah pusat, kami melaksanakan apa yang menjadi kebijakan dan keputusan pemerintah pusat yang memiliki data untuk kebijakan terbaik bagi daerah," kata Riza di Jakarta, Sabtu (7/8/2021).

Dalam sepekan terakhir ada penurunan tingkat keterpaparan sekitar 1.000 hingga 3.000 orang per hari. Pada Jumat (6/8/2021) ada di angka 2.185 orang, kemudian tingkat kematian 1,5 persen dan tingkat kesembuhan saat ini 96,9 persen.

"Tes PCR kita tetap dilaksanakan dalam kisaran jumlah 15 sampai 20 kali lipat dari standar WHO yang berkontribusi 29,7 persen terhadap jumlah tes nasional," ujar Riza.

Riza menyebutkan, saat ini tingkat keterisian rumah sakit (bed occupancy rate/BOR) sudah turun menjadi 47 persen untuk ruang isolasi dan ruang ICU turun menjadi 70 persen.

Kemudian vaksinasi di DKI Jakarta telah mencapai 8,2 juta untuk dosis pertama dan 3,2 juta untuk dosis kedua. Bahkan sebagian yang sudah divaksin merupakan warga non-KTP Jakarta yang juga diberi hak dan pelayanan yang sama.

Meski dengan berbagai perbaikan tersebut, Riza menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta akan fokus dalam pelaksanaan PPKM level 4 secara disiplin dan bertanggung jawab.

"Mudah-mudahan ke depan makin baik, makin turun tentu dibutuhkan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat harus makin disiplin dan bertanggung jawab," pungkasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani