Netral English Netral Mandarin
03:46 wib
Basarnas mengungkapkan banyak petugas dan relawan pencari Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang reaktif Covid-19 berdasarkan hasil tes menggunakan rapid test antigen. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana menetapkan standarisasi kecepatan hasil deteksi virus corona (SARS-CoV-2) menggunakan swab test atau tes usap metode Polymerase Chain Reaction (PCR).
Soal Video 'Dukung Papua Merdeka', GMKI: Itu Hoaks! NKRI Sudah Final

Minggu, 06-December-2020 00:49

Beredar video dukungan Papua yang ternyata kata GMKI hoax.
Foto : Istimewa
Beredar video dukungan Papua yang ternyata kata GMKI hoax.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) angkat bicara terkait penggalan video viral dengan narasi 'GMKI dukung Papua Merdeka' yang diserukan dalam Kongres ke-37 GMKI di Manokwari, Papua. 

Ketua Umum GMKI hasil Kongres ke-37, Jefry Gultom menegaskan, narasi GMKI dukung Papua Merdeka merupakan kabar bohong alias hoaks. 

Hal tersebut disampaikan Jefry dalam konferensi pers di Manokwari, Sabtu (5/12/2020). Ia didampingi Sekjen GMKI, Kapolres Manokwari AKBP. Dadang Kurniawan Winjaya dan Dandim 1801 Manokwari Kolonel Arm. Airlangga. 



"Itu seakan-seakan GMKI mendukung Papua Merdeka terkait video yang di potong kemudian di viralkan di sosial media. Dengan tegas kami nyatakan itu tidak benar atau hoaks,” tegas Jefry Gultom dalam video konferensi pers yang beredar di media sosial.

Jefry kemudian menjelaskan soal potongan video yang beredar di media sosial dimana ada peserta kongres yang menyerukan soal Papua merdeka. 

"Bahwa kemudian ada penggalan video yang saat ini beredar tentang GMKI menyerukan Papua Merdeka, itu hanyalah aspirasi dari pansus untuk isu-isu di Papua," ujarnya. 

Menurutnya, aspirasi yang disampaikan lewat pansus di Papua adalah soal bagaimana Papua bisa merdeka dari kemiskinan, kebodohan dan ketidakadilan, bukan merdeka dalam artian memisahkan diri dari NKRI. 

Namun, lanjutnya, ada pihak yang memenggal video tersebut dan ditambah dengan narasi GMKI dukung Papua Merdeka, sehingga aspirasi yang sebenarnya dibahas oleh pansus di Papua, tidak tersampaikan ke publik. 

"Ada penggalan yang sebenarnya terpotong, dimana aspirasi dari kawan-kawan di pansus Papua itu menyatakan bahwa Papua harus merdeka dari kemiskinan, harus merdeka dari ketidakadilan, harus merdeka dari kebodohan," ungkapnya. 

"Itu merupakan komitmen bersama GMKI yang harus menjadi catatan penting bagi negara. Bahwa negara harus hadir bersama-sama untuk melihat sampai akar rumput tentang kondisi riil di Papua. Kesejahteraan bagi masyarakat asli Papua itu merupakan hal yang menjadi komitmen negara. Dan GMKI bersama-bersama juga dengan gereja nantinya akan mengawal hal tersebut," jelas Jefry. 

Karena itu, Jefry menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak terprovokasi dengan penggalan video yang viral di media sosial.

"GMKI sudah hidup dari dulu dengan dua semangat yaitu nasionalisme dan oikumenisme. Karena itu NKRI sudah final bagi GMKI," pungkas Jefry. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani