Netral English Netral Mandarin
22:39wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Soto Lamongan Kuah Kuning nan Gurih, Menu Sarapan yang Menyegarkan di saat Pandemi, Ini Resepnya

Minggu, 24-Oktober-2021 08:10

Soto Lamongan
Foto : Istimewa
Soto Lamongan
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur dengan kuahnya yang gurih menyegarkan.

Bukan hanya gurih, soto berkuah kuning ini menawarkan kenikmatan tiada tara ketika disandingkan dengan nasi hangat dan sambal.

Soto ini juga bisa dikonsumsi untuk hidangan sarapan, makan siang maupun makan malam. Soto juga dapat ditemui mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran mewah dan digemari segala usia. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuat soto Lamongan seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan:- 1 ekor ayam, belah 2 bagian- 1 sdm jeruk nipis, peras airnya- 1 sdt garam- 1 liter air- 4 lembar daun jeruk- 2 batang serai, memarkan- 3 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu Halus:- 10 siung bawang putih- 5 butir kemiri, sangrai- 4 cm kunyit (dibakar dulu)- 1 sdm garam- ½ sdt merica bubuk

Isi:- 50 gram soun, rendam air dingin, tiriskan- 8 butir telur ayam, rebus- 2 lembar kol, iris halus

Pelengkap:Sambal Rebus: - 3 buah cabai merah besar, - 10 buah cabai rawit merah, - 2 siung bawang putih, rebus semua bahan, kemudian haluskan ditambah ½ sdt garam.

Taburan: Irisan daun bawang, kerupuk udang dan bawang goreng

Cara membuat1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Kemudian cuci sampai bersih.

2. Rebus ayam bersama daun jeruk, serai, dan jahe dengan api kecil.

3. Setelah matang, angkat, tiriskan dan suwir suwir daging ayam.

4. Saring kaldu ayam.

5. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, dan masukkan kedalam kaldu, didihkan kaldu kembali.

6. Siapkan mangkok, isi dengan soun, irisan kol, dan ayam suwir, tuangkan kuahnya, taburi dengan irisan daun bawang, bawang goreng.

Sajikan hangat, lengkapi dengan kerupuk dan sambal rebus.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi