Netral English Netral Mandarin
05:44wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Soto Sokaraja dengan Rasa yang Segar Pilihan Menu Sarapan yang Hangat di Musim Hujan, Begini Cara Membuatnya

Rabu, 08-December-2021 09:00

Soto Sukaraja
Foto : Resep Koki
Soto Sukaraja
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Saat musim hujan paling enak menyentap makanan hangat yang berkuah, salah satunya soto.

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda,

Kebanyakan soto berkuah dan di dalamnya dicampur dengan berbagai macam pelengkap seperti sayur dan lauk yang di suwir ataupun di potong-potong kecil.

Kali ini kita akan membahas Soto Sokaraja yang memiliki kuah bening yang segar dan harum karena menggunakan jahe dan serai di dalam kuahnya.

Tak hanya itu soto ini juga dibuat dengan berbagai macam aneka campuran rempah khas Indonesia lainnya, sehingga menambah kesegaran dan kegurihan dari rasa kuahnya. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuatnya seperti yang dikutip bari Resep Koki.

Bahan

- 600 gram daging sapi- 2 liter air- sdt garam- 1/2 sdt kaldu sapi bubuk - 1/2 sdt merica bubuk - 2 batang serai, memarkan - 3 lembar daun jeruk - 2 cm lengkuas, memarkan - 1/2 sdt jahe, memarkan - 3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:- 8 butir bawang merah - 6 siung bawang putih - 3 butir kemiri - 2 cm kunyit

Pelengkap- 100 gram soun, seduh air panas, tiriskan- 100 gram tauge, seduh air panas, tiriskan - 1 batang daun bawang, rajang kasar - 2 batang seledri, rajang halus - 1 buah jeruk nipis, potong potong -  Kedelai goreng secukupnya- Bawang merah goreng - secukupnya- Kerupuk kanji merah - secukupnya- Sambal kacang - secukupnya

Sambal Kacang:- 50 gram Kacang tanah, goreng - 5 buah Cabai rawit goreng - 3 butir bawang merah, goreng - 1 siung bawang putih, goreng - 1/2 sdt garam- 1 sdm guka merah sisir- 1 sdm air asam jawa- 120 ml air panas

Cara membuat

1. Sambal Kacang: Haluskan kacang tanah, cabe, bawang merah, dan bawang putih yang sudah digoreng, beri garam, gula merah, air asam jawa, lalu seduh dengan air panas, aduk sampai rata. Sisihkan sambal.

2. Soto: Didihkan air, masak daging dengan sampai matang dan empuk, kemudian angkat dagingnya, potong-potong, sisihkan. Sisakan kaldunya 1,5 liter.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, salam, serai, lengkuas, daun jeruk, dan jahe sampai wangi. Masukkan ke dalam kuah kaldu rebusan daging. Bumbui dengan garam, merica, gula pasir, dan kaldu sapi bubuk. Aduk rata dan masak sampai mendidih, koreksi rasanya.

4. Masukkan daging yang sudah direbus empuk dan dipotong-potong, masak sebentar, kemudian angkat.

5. Siapkan mangkuk saji, tata ketupat, soun, dan tauge. Siram dengan kuah soto panas beserta potongan dagingnya. Taburi dengan bawang merah goreng, daun bawang, seledri, dan kedelai goreng, sajikan selagi panas dengan kerupuk merah dan sambal kacang sesuai selera.

Tips1. Kalau ingin lebih gurih lagi, bisa juga memakai campuran jeroan seperti iso dan babat.

2. Ada dua versi soto sokaraja, dengan daging sapi dan ayam suwir. Jika suka, Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan ayam.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi