Netral English Netral Mandarin
08:41 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Sriwijaya Air Hilang Kontak di Kepulauan Seribu, Gulkarmat Jakut Sisir Perairan Pulau Laki

Sabtu, 09-January-2021 23:44

Suasana pencarian puing dan korban pesawat sriwijaya air di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) malam.
Foto : Gulkarmat Jakut
Suasana pencarian puing dan korban pesawat sriwijaya air di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) malam.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pesawat Sriwijaya Air rute penerbangan Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ182 hilang kontak di kawasan perairan Kepulauan Seribu. Diduga, pesawat tersebut jatuh di Pulau Laki.

Saat ini jajaran terkait dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu sudah bergerak ke lokasi diduga tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

"Kami bersama aparatur Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan Pulau Tidung, Satpol PP, polisi, dan unsur masyarakat ikut melakukan penyisiran. Hingga, pukul 18.00 WIB belum ada korban yang ditemukan," kata Eko Mahendra, selaku Kepala Sektor 8 Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).



Dikatakan Eko, pencairan saat ini difokuskan di Perairan Pulau Laki, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Menurutnya, lokasi pencarian ada di perairan Pulau Laki, yang berada di antara Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Tidung. 

"Kami sebagai aparatur terdekat berinisiatif bergerak cepat ke lokasi dengan harapan bisa memberikan bantuan kepada korban pesawat jatuh," ujar dia.

Ia menambahkan, untuk saat ini sudah ada temuan diduga serpihan pesawat berupa kabel dan baju-baju. Namun demikian, belum bisa dipastikan apakah itu serpihan pesawat dan baju milik korban atau bukan.

"Temuan ini sudah dikumpulkan untuk keperluan lebih lanjut. Sementara, untuk antisipasi evakuasi jika ditemukan korban jatuhnya pesawat akan didirikan posko besar di Pulau Lancang. Tim rescue dan rescue boat kita siagakan di Pulau Lancang untuk antisipasi evakuasi korban," ungkapnya.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak, Sabtu (9/1/2021) sore.

Kabar hilang kontak pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dikabarkan oleh akun Twitter Flightradar24.

Akun centang biru itu mengabarkan Sriwijaya Air hilang kontak setelah 4 menit lepas landas dari Jakarta.

Berdasarkan catatan di situs flighradar24.com, pesawat terbang pukul 14.36 WIB dari Bandara Seokarno Hatta. Seharusnya pesawat tiba di Bandara Supadio pukul 15.15 WIB. Namun, hingga saat ini pesawat tak kunjung mendarat.

Informasi yang diperoleh netralnews com, pesawat ini membawa 59 penumpang. Terdiri 53 penumpang dewasa, 5 anak dan 1 bayi.

Pesawat ini merupakan pesawat Boeing 737-524 dengan registrasi PK-CLCV. Pesawat itu hilang kontak 11 nautical mile lepas pantai Jakarta saat menanjak dari ketinggian 11,000 feet menuju 13,000 feet pukul 07.40 UTC atau sekitar pukul 14.40 WIB.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati