Netral English Netral Mandarin
09:13 wib
Sony Pictures mengumumkan tunda perilisan film baru mereka. Film Cinderella yang sedianya dijadwalkan rilis pada 5 Februari 2021 diundur ke 16 Juli 2021. Film Ghostbusters: Afterlife juga diundur. Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati.
Sudah Rp1,7 M untuk 6 Anggota FPI yang Tewas, TZ: Dibandingkan Karangan Bunga Jelas Beda Kelas

Sabtu, 12-December-2020 11:29

Tengku Zulkarnain
Foto : Istimewa
Tengku Zulkarnain
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, Sabtu (12/12/20) mengatakan bahwa dana bantuan untuk 6 anggota FPI yang tewas ditembak polisi sudah terkumpul Rp1,7 Miliar.

"Tembus Rp 1.7 M, bantuan rakyat pada 6 Anggota FPI yg terbunuh, menunjukkan rakyat simpati secara ikhlas atas peristiwa yg menjadi tragedi kemanusiaan ini," katanya.

"Dibandingkan karangan bunga yg dikirim ke satu tempat, jelas beda kelas dan beda warna serta rasa. Pandanglah pakai nurani," imbuh Zul.



Cuitan Tengku Zul ditanggapi banyak warganet.

@pandjiesoe: "Itu diambil dr kotak amal yg ada di indomaret ya zul.."

@WaON35: "Bukan simpati, Tp mereka "tidak tahu". Tidak tahu kebenaran dari kotak amal yg "ada". Klo ikhlas ,itu benar. Karena mereka juga tidak tau kebenaran nya. "ada banyak motif dr kalian untuk menggalang dana.tak peduli tua-muda,hingga macam2 strategi u/ mengumpulkan dana".

@abymust: "Hahaahaha... Itu mah org efpei juga sih yg nyumbang."

Sebelumnya dilansir Suara.com, tragedi berdarah penembakan di Tol Cikampek membuat enam anggota FPI tewas tertembak. Kejadian tersebut menjadi sorotan publik.

FPI menyebut kejadian tersebut berawal saat mengawal Habib Rizieq Shihab. Kejadian tersebut membuat sejumlah pihak berduka.

Seorang warganet pun menggalang donasi untuk enam anggota FPI yang tewas. Donasi tersebut diadakan oleh akun jejaring sosial media Twitter @ghanieierfan.

Dia mengumpulkan dana donasi dari warganet lainnya sebagai solidaritas kemanusiaan.

"Netizen yang baik, berikut saya update jumlah donasi yang terkumpul. Solidaritas kemanusiaan yang menggugah. Jangan lagi terulang tragedi kemanusiaan kilometer 50 di republik tercinta. Terima kasih atas segala dukungan baik moril maupun materil. Panjang umur perjuangan," tulis Irvan Gani, Rabu (9/12/2020).

Pada Selasa (8/12/2020), donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp 264 juta. Banyak warganet yang turut berduka atas kejadian di Tol Cikampek itu.

Mereka menyumbangkan dana sebagai bentuk dukungan solidaritas antar umat manusia.

Dana tersebut akan diberikan kepada keluarga enam anggota FPI yang menjadi korban penembakan.

Irvan Gani memberikan kabar terbaru terkait jumlah dana yang telah terkumpul. Hingga Rabu (9/12/2020), dana terkumpul mencapai Rp 448 juta.

"Alhamdulilah sumbangan netizen untuk 6 korban tragedi kemanusiaan kilometer 50 terkumpul Rp 448.604.478. Terima kasih para dermawan semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak, ibu, kakak, adik, sahabat. Dan akan diserahkan hari Kamis kepada keluarga korban," tulisnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Suara.com, keenam laskar khusus pengawal Rizieq yang tewas tertembak itu merupakan laki-laki dengan usia rata-rata 20 tahunan.

Berikut nama enam korban :

1. Faiz Ahmad Syukur (22)

2. Andi Oktiawan (33)

3. M. Reza (20)

4. Muhammad Suci Khadavi Poetra (21)

5. Lutfhil Hakim (24)

6. Akhmad Sofiyan (26)

Perlu diketahui, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga digunakan oleh laskar khusus simpatisan Rizieq Shihab. Barang bukti tersebut berupa senjata api hingga senjata tajam.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto