Netral English Netral Mandarin
01:29wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Sukses Bikin Warga Jerman Ketagihan, Ekspor Andaliman asal Samosir Meningkat Dua Kali Lipat

Minggu, 29-Agustus-2021 22:40

Andaliman.
Foto : kulineria.id
Andaliman.
17

MEDAN, NETRALNEWS.COM - Volume ekspor andaliman dari Sumatera Utara ke Jerman berlanjut setelah ekspor perdana sebanyak 574 kilogram pada Maret 2021.

"Pada Agustus ada pengiriman lagi sebanyak 1.200 kilogram," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto di Medan, Minggu (29/8/2021).

Andaliman yang diekspor ke Jerman itu merupakan produksi dari Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Ia mengungkapkan, nilai ekspor perdana atau "merica batak"  itu sebesar Rp431 juta. Sedangkan, untuk pengiriman kedua sebanyak 1.200 kilogram nilainya sebesar Rp709,715 juta.

"Syukur masih terus ada permintaan andaliman dari Jerman dan petani serta eksportir Sumut juga masih bisa terus memenuhinya," terangnya.

Andi menambahkan, andaliman (zanthoxylum acanthopodium DC) adalah komoditas perkebunan asal sub sektor perkebunan yang dapat memberikan rasa sensasi pedas menggigit dan getir di lidah dan terasa kebas.

"Harapannya ekspor andaliman Sumut itu terus meningkat termasuk bisa berkembang dalam bentuk olahan serta meluas ke berbagai negara," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP