Netral English Netral Mandarin
01:57wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Sukses di Jakarta, FBJ Bertransformasi Jadi FBI Usung Anies RI-1

Selasa, 04-Mei-2021 23:53

Forum Bersama Jakarta (FBJ) Gelar Buka Bersama
Foto : netralnews.com
Forum Bersama Jakarta (FBJ) Gelar Buka Bersama
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sukses menghantarkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI 2017 lalu, Forum Bersama Jakarta (FBJ) bertekad kembali mengusung gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2024 mendatang.

Dalam memberikan dukungan, FBJ akan bertransformasi menjadi Forum Bersama Indonesia (FBI). Demikian dikatakan Ketua FBJ Budi Siswanto saat buka bersama pengurus FBJ di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Bukan tanpa alasan, menurut Budi, sosok Anies Baswedan sebagai sosok pemersatu yang mampu mengayomi semua lapisan masyarakat. Ia pun menilai sosok Anies sebagai pemimpin yang dibutuhkan Indonesia.

"Pak Anies figur yang dibutuhkan Indonesia, karena Beliau bukan hanya sosok pemimpin yang cerdas dan memiliki kapasitas yang mumpuni, tapi juga figur pemimpin yang dapat mengayomi masyarakatnya. Dia sosok pemersatu," kata Budi.

Budi mengakui, pada Pilkada Jakarta 2017, FBJ termasuk elemen yang memperjuangkan Anies untuk menjadi DKI 1, dan pilihan itu terbukti tidak salah, karena sejak Anies dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 pada Oktober 2017, Anies dapat membuktikan bahwa dia sosok pemimpin yang amanah, dan sosok pemimpin yang mau berbuat demi kesejahteraan masyarakatnya.

"Selama Anies menjabat sebagai gubernur Jakarta sampai hari ini, FBJ bukan hanya sekedar relawan karena setelah Anies dilantik menjadi gubernur, FBJ senantiasa memantau dan mengawal kebijakan-kebijakan Pak Anies. Jika ada yang perlu dikritik, maka kami tak segan mengkritik," tegas Budi.

Meski demikian Budi mengatakan, sejauh ini FBJ happy melihat perkembangan Jakarta di tangan Anies Baswedan, sehingga tak heran kalau Jakarta diganjar berbagai penghargaan dari lembaga nasional dan internasional, antara lain Sustainable Transport Award (STA) 2021, penghargaan di bidang transportasi dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Selain itu, kata Budi, dari 23 janji yang disampaikan Anies saat kampanye Pilkada Jakarta 2017, hampir semuanya telah dilaksanakan.

"Karena itu sekarang FBJ punya mimpi ke depan, karena kami melihat Pak Anies ini bukan cuma tokoh lokal, tapi juga tokoh nasional yang layak untuk menjadi presiden melalui Pilpres 2024," ujarnya.

Budi memastikan bahwa jalan untuk membawa Anies ke kursi RI 1 telah mulai dirintis, antara lain dengan memperluas jaringan FBJ hingga ke seluruh pelosok Nusantara.

Perluasan jaringan itu akan membuat FBJ memiliki perwakilan di semua provinsi yang akan menjadi mesin pemenangan Anies Baswedan.

Saat ini, kata Budi, FBJ telah memiliki perwakilan di tujuh provinsi di Indonesia, dan karena skup kinerja FBJ ke depan bukan lagi hanya Jakarta, melainkan Indonesia, maka FBJ akan bertransformasi menjadi Forum Bersama Indonesia (FBI).

Budi bahkan mengakui kalau buka bersama hari ini selain merupakan acara rutin FBJ setiap Ramadhan, juga dalam rangka konsolidasi untuk pemenangan Anies di 2024.

"Intinya, dengan apa-apa yang kami kerjakan saat ini, kami sudah siap untuk memperjuangkan Pak Anies Baswedan di 2024," tegas Budi.

Seperti diketahui, Anies telah memberi isyarat yang sangat jelas kalau dia akan nyapres di 2024. Meski Anies bukan kader partai, namun sejumlah partai dikabarkan telah melirik figur berlatar belakang akademisi ini, antara lain PKS, Demokrat dan NasDem.

Acara buka bersama dan konsolidasi FBJ hari ini tidak melibatkan banyak orang demi memenuhi aturan protokol kesehatan Covid-19. Hanya 25 pengurus inti dan Ketua Dewan Pendiri FBJ Ma’mun Amin yang hadir dalam ruangan restoran Grand Cempaka Business Hotel yang berkapasitas sekitar 100 orang.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati