Netral English Netral Mandarin
16:15wib
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dugaan penipuan oleh anak bungsu Akidi Tio, Heriyanty. Pesawat Kepresidenan ganti warna cat dari biru langit menjadi merah putih. Pergantiam cat itu menuai pro kontra.
Surga Tersembunyi, Menyelami Gua Kristal di Kupang yang Bikin Penasaran!

Selasa, 08-Juni-2021 13:00

Gua kristal di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Foto : traveloka.com
Gua kristal di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar Gua Kristal? Apakah Anda membayangkan sebuah lubang raksasa yang berisi kristal yang berkilauan? Atau ada tambang kristal yang tersembunyi dan rahasia? 

Bagi Anda yang penasaran, langsung saja datang ke Gua Kristal yang terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Anda akan menemukan sebuah surga tersembunyi berupa gua yang amat unik. 

Bagaimana tidak, gua terdiri dari bebatuan alam yang kokoh nan eksotis. Bebatuan berpadu membentuk sebuah kolam alami nan jernih dan biru, yang bisa digunakan sebagai fasilitas berenang bagi para pengunjungnya. 

Bisa Anda bayangkan, bebatuan goa yang berukuran raksasalah yang menjadi dasar kolam renang alaminya. Berpadu dengan birunya air yang tertampung, membuat bebatuan bagai kristal yang memesona. Pesona alam inilah yang menjadikan kiasan kristal, sehingga memiliki nama Gua Kristal. 

Jangan sendirian, ada baiknya Anda datang ke wisata alam yang satu ini bersama keluarga atau kerabat. Pasalnya, keindahan alam yang satu ini amat sayang dinikmati hanya oleh seorang diri saja. Selain itu, butuh perjalanan dan tenaga untuk bisa menjangkau surga di tanah timurnya Indonesia ini. 

Meski demikian akses menuji destinasi wisata yang satu ini diketahui dekat dengan Kota Kupang. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan untuk mendekati destinasi wisata yang dimaksud. Setelah itu, Anda perlu berjalan kaki menuju titik lokasi Gua Kristal dengan mengikuti petunjuk jalan yang mempermudah para wisatawan sampai ke lokasi. 

Bagi Anda yang tertarik, disarankan untuk datang pukul 11 WITA. Saat itu, sinar matahari sedang menerobos celah-celah gua. Selain itu, jangan lupa membawa alat penerang seperti senter untuk menerangi perjalanan Anda menerobos gua yang gelap. 

Anda juga perlu mempersiapkan diri dengan permukaan batu gua untuk kaki berpijak, karena keadaannya yang licin. Untuk menyusuri langkah yang pasti, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu, warga lokal setempat yang sudah akrab dengan medannya. Anda juga perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membayar pemandu, tetapi untuk memasuki Gua Kristal, Anda dibebaskan oleh tiket masuk. 

Rasa lelah dan adrenalin Anda akan berkobar melihat Gua Kristal yang diketahui memiliki luas kurang lebih 30 meter persegi. Sesampainya di Gua Kristal, cobalah untuk membasahi diri atau berenang di airnya yang jernih, segar dan memiliki rasa payau. 

Abadikan juga momentum perjalanan Anda mengunjungi Gua Kristal dengan kamera atau gawai. Air yang biru, bebatuan alam eksotis dan Anda yang bergaya serta berenang di kolam alami itu tentu membuat orang lain tergiur mengunjungi Gua Kristal. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP