Netral English Netral Mandarin
23:08wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Tak Disangka Ini yang Ditunggu Warga Vietnam dan Thailand dari Indonesia

Rabu, 29-September-2021 23:00

Kemendag Lepas Ikan Tuna Sirip Kuning ke  Vietnam dan Thailand
Foto : Humas Kemendag.
Kemendag Lepas Ikan Tuna Sirip Kuning ke Vietnam dan Thailand
7

BENOA, NETRALNEWS.COM  – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bersama platform madeinindonesia.com melakukan pelepasan ekspor Ikan Tuna Sirip Kuning ke Vietnam sebanyak 27 ton dengan nilai sebesar USD 83 ribu oleh  Industri Kecil Menengah (IKM) PT Harta Lautan Indonesia yang berlangsung di Benoa, Bali.

“Kami sangat mengapresiasi upaya PT Harta Lautan Indonesia dalam upaya mendorong ekspor  produk perikanan Indonesia ke pasar Vietnam dan negara ASEAN lainnya, dimana persaingan dan  persyaratan pemasarannya sangat ketat,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional  Didi Sumedi, Rabu, (29/9/2021).

Menurut Didi, kegiatan pelepasan ekspor ini merupakan bukti nyata keberhasilan produk perikanan Indonesia berkontribusi terhadap penguatan perekonomian nasional dan perlu terus  didukung agar bisa dilakukan secara kontinu.

“Dengan dilakukannya pelepasan ekspor ini,  diharapkan dapat memacu pelaku usaha/IKM lainnya untuk lebih semangat dalam memasarkan  produknya ke pasar internasional,” ungkap Didi.

Pelepasan ekspor ini merupakan ekspor ketiga oleh PT Harta Lautan Indonesia selama tahun 2021  dimana pengiriman pertama dan kedua dilakukan pada 18 Agustus 2021 dan 7 September 2021  dengan nilai ekspor masing-masing sebesar USD 65 ribu dan USD 85 ribu. Melalui kegiatan ekspor  ini, PT Harta Lautan Indonesia direkomendasikan oleh importir Vietnam kepada importir Thailand  yang juga berencana melakukan pembelian ikan tuna sirip kuning asal Indonesia pada bulan Oktober mendatang dengan jumlah ikan tuna sirip kuning sebanyak 27 ton.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menjelaskan, ekspor ikan tuna  sirip kuning yang dilakukan oleh PT Harta Lautan Indonesia merupakan salah satu bentuk  pemberdayaan nelayan Indonesia. Dimana ikan tuna sirip kuning yang diekspor merupakan hasil  tangkapan para nelayan yang berasal dari Pacitan, Banyuwangi dan Benoa.

Direktur Madeinindonesia.com Kemal Panigoro mengatakan platform B2B  ecommerce ini akan selalu siap membantu kegiatan ekspor dari Indonesia, baik bagi eksportir pemula maupun yang sudah berpengalaman  Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-Juli 2021 Indonesia telah  mengekspor 1,2 juta ton ikan tuna sirip kuning dengan total nilai ekspor sebesar USD 4,8 juta ke  seluruh dunia.

Adapun pasar utama produk ikan tuna sirip kuning Indonesia pada tahun 2021  adalah Jepang (95,09%), Amerika Serikat (1,85%), Vietnam (1,55%), Australia (0,47%) dan  Singapura (0,44%).

Hal yang menarik adalah pada tahun-tahun sebelumnya Vietnam tidak melakukan impor ikan tuna sirip kuning Indonesia kecuali pada tahun 2019, dimana ekspor ikan tuna sirip kuning Indonesia ke Vietnam tercatat sebesar USD 2,181. Hal ini menunjukan bahwa Vietnam merupakan pasar baru bagi produk ikan tuna sirip kuning Indonesia dimana selama ini lebih dari 90% ikan tuna sirip kuning Indonesia di ekspor ke Jepang.

“Diharapkan ekspor ikan tuna sirip kuning ini akan terus berlanjut dan mendapatkan repeat order dengan jumlah transaksi yang lebih besar serta meningkatnya diversifikasi negara tujuan ekspor ikan tuna sirip kuning Indonesia,” tutup Marolop.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P