Netral English Netral Mandarin
18:56wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Tak Disangka Ternyata Erick Thohir juga Penggemar Ikan Cupang

Senin, 01-Maret-2021 06:30

Erick Thohir dapat ikan cupang dari office boy-nya.
Foto : Instagram
Erick Thohir dapat ikan cupang dari office boy-nya.
25

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ikan cupang saat ini memang tengah menjadi fenomena di tengah pandemi. Harga ikan cupang bisa mencapai jutaan rupiah. Ikan cupang juga kerap dijadikan ajang ‘tanding.’ Karena itu tak sedikit ikan cupang adu ini memiliki harga yang begitu tinggi di kisaran Rp500.000 hingga Rp2 juta.

Tak sedikit di media sosial juga turut diramaikan dengan lelang ikan cupang. Hargapun bukan masalah bagi para penggemarnya. Sedikitnya ada empat ikan cupang yang menarik perhatian masyarakat dan harganya pun cukup mencengangkan.

Ternyata Menteri BUMN Erick Thohir juga salah satu yang menyukai ikan cupang. “Kantor BUMN kedatangan penghuni baru, ikan-ikan cupang peliharaan salah satu office boy yang sehari-hari membantu saya sekarang jadi salah satu penghias ruangan di kantor. Sebagai sesama pecinta ikan hias, saya senang sekali melihat warna warni ikan cupang menghias ruangan kantor kami.

Saya sempat ngrobol dengan Ahmad Office Boy, sekarang hobinya bukan sekadar hobi saja, tapi sudah jadi peluang bisnis juga. ahmad yang awalnya hobi sekarang sudah menadapatkan uang tambahan dari bejualan ikna-ikannya. Lagi trend juga katanya di masa pandemi ini,” tulis Erick di akun Instagramnya, Minggu, (28/2/2021).

Semangat Ahmad menceritakan passion-nya membawa flashback saya diawal mencoba bisnis dulu. Kumpulkan semangat, ciptakan peluang, usaha yang maskimal, yakin dan jangan mudah menyerah. Kalau Ahmad dan teman-temannya bisa, kalian juga pasti bisa!. Siapa disini yang sedang merintis usaha?, tambah Erick.

Postingan Erick mendapat komentar beragam, tak kecuali ditulis oleh motivator Ary Ginanjar yang menulis, “ Ikan cupang itu fighter yg pantang menyerah lho."

Dilansir dari berbagai sumber, inilah ikan cupang tergolong mahal.

Ikan cupang plakat

Jenis ikan cupang plakat merupakan jenis cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran dan paling dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya “tarung”.Konon, tradisi adu ikan cupang awal mulanya berasal dari negara Thailand sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara tersebut.Ikan cupang plakat mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok dengan tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

Ikan Cupang Giant

Jenis ikan cupang giant merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Bahkan, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm.

Ikan cupang giant merupakan ikan cupang yang berasal dari negara Thailand dan banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan karena tubuhnya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.

Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp 50.000 hingga ikan cupang giant yang menjadi juara petarung yang berkisar di harga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000

Ikan Cupang Double Tall

Jenis ikan cupang mahal yang cocok dipelihara yang selanjutnya adalah ikan cupang double tail. Ikan cupang double tail terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup popular. Bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda.

Ikan ini juga memiliki variasi warna yang cukup beragam. Ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dari ikan cupang yang lainnya. Dan ikan cupang double tail juga merupakan ikan cupang yang termasuk sulit untuk dibudidayakan.

Untuk harga ikan cupang double tail anakan biasanya berkisar di antara Rp 100.000 dan ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp 2.000.000

Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang mahal yang cocok dipelihara berikutnya adalah jenis ikan cupang fancy. Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harga ikan cupang fancy mahal.

Oleh karena itu, di kalangan para pecinta ikan cupang, cupang fancy merupakan pilihan yang tepat karena keunikan warna yang beragam dan sangat cocok apabila dipelihara karena

kecantikan warnanya.Untuk harganya, harga ikan ini juga dikenal cukup mahal tetapi tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk ikan cupang fancy anakan berkisar Rp 100.000 dan untuk ikan cupang fancy juara bisa mencapai harga Rp 2.000.000.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani