Netral English Netral Mandarin
01:06wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Tak Disangka Ternyata Labu Kuning Mampu Tingkatkan Imun Tubuh

Senin, 12-Juli-2021 17:27

Labu kuning mampu meningkatkan imun tubuh.
Foto : Pixabay
Labu kuning mampu meningkatkan imun tubuh.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Biasanya labu kuning digunakan masyarakat untuk membuat tambahan kolak. Rasanya cukp manis dan nikmat dimakan sekalipun hanya dengan dikukus.

Di Eropa, Australia dan Amerika, megnikuri labu kuning jadi kebiassaan merayakan Halloween. Biasanya, acara ini identik dengan labu kuning sebagai pengihiasnya. Labu kuning sendiri kalau di masyarakat kita sering dibuat sebagai kolak, puding dan berbagai kue. 

Namun, masih banyak yang belum tahu manfaat dari labu kuning. Dilansiar dari berbagai sehat termasuk sehat saji dan dokterku, inilah manfaat labu kuning. 

1. Mengandung beta-karoten yang baik untuk menangkal kumanBeta-karoten adalah pigmen yang ditemukan dalam buah-buahan atau sayuran berwarna dominan merah-jingga.Labu kuning kaya akan beta-karoten.

Tubuh mengubah antioksidan tersebut menjadi vitamin A. Vitamin A membantu seseorang memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang lebih jelas, terutama dalam kondisi kurang cahaya.

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A diperlukan untuk menangkal kuman dan agar sistem reproduksi bekerja sebagaimana mestinya.

Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain beta-karoten, labu kuning juga mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, dan folat. Semua itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang sering memakan labu kuning dapat membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih baik untuk menangkal kuman dan mempercepat penyembuhan saat sedang terluka.

3. Membantu penderita hipertensi 

Labu kuning yang kaya dengan warna oranye juga merupakan tanda bahwa buah tersebut dikemas dengan kalium.Kalium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Biji labu kuning tawar juga padat akan mineral dan sterol tanaman yang meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut lipoprotein berdensitas tinggi atau high density lipoprotein (HDL) serta membantu menurunkan angka tekanan darah.

4. Melangsingkan perut

Labu kuning tinggi serat dan rendah kalori sehingga labu kuning bisa membuat seseorang merasa kenyang. Jika mencari cara agar perut terasa kenyang, labu kuning kaya nutrisi adalah pilihan yang baik.

Kandungan serat dalam makanan yang dimakan juga meningkatkan kesehatan pencernaan, jadi pencernaan dalam tubuh keluar secara teratur.

Testimoni

Seorang bernama Nuraini Zaini mengungkapkan manfaat labu kuning selama  menjalani isomasi mandiri. “Mohon maaf saya mau sharing berbagi pengalaman disini walau disini ada yang lebih tahu soal kesehatan, tapi ini pengalaman yang di alami kakak saya sekeluarga yg semuanya positip. Tapi yang paling parah kakak saya  kandung,” tulisnya.

Ia menggambarkan keadaan kakaknya nomor dua selama 18 hari telah dirumah sakit sampai tidak kuat dan kritis tapi atas seizin Allah disertai dengan doa akhirnya bisa sembuh dan benar-benar sembuh dengan sering dikirimkan obat oleh istrinya yaitu labu kuning yang dikukus buat cemilan.

“Alhamdulillah menggigil dan sesak nafasnya hilang dan paru-paru yang putih bersih ,jantung, mata,otak semuanya sehat dan lolos medical , sehingga kakak saya saat ini bisa kerja kembali di Malaysia.”

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati