Netral English Netral Mandarin
15:49wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Tak Etis Bupati Banjarnegara Sindir Penglihatan Gusdur, Netizen: Yang Begini kok Bisa Jadi Pemimpin

Minggu, 29-Agustus-2021 16:25

Bupati Banjarnegara Budhi Suwarno
Foto : Berita Heboh
Bupati Banjarnegara Budhi Suwarno
16

BANJARNEGARA, NETRALNEWS.COM - Bupati Banjarnegara Budhi Suwarno kembali jadi sorotan di media sosial usai dirinya kedapatan menghina sosok Presiden ke-4 Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Budhi Suwarno dinilai tidak etis dengan menyebut Gus Dur pi**k dalam sebuah forum rapat. Hal itu diketahui dari unggahan video di akun twitter @H_Safardan_ belum lama ini.

"Buat sobat2 Nahdliyin warga Banjarnegara khususnya dan warga Banjarnegara pd umumnya, Budhi Sarwono tidak pantas jadi panutan," tulis keterangan caption akun tersebut.

Dalam video berdurasi singkat itu Budhi nampak sedang membicarakan masalah serius. Hingga ia membawa nama Gus Dur ketika menghadiri rapat.

"Oh gini pak sekda, itu dinas yang lain ditutup kabeh bae. Bubarna kabeh nggo PU kabeh. Tak tandatangani saiki. Gusdur seng picek bae nutup dinas penerangan karo sosial. Apa maning wincin seng matane melek. (Oh gini pak sekda, itu dinas ditutup semua aja. Bubarkan semua untuk dinas PU semua. Saya tandatangani sekarang. Gus yang matanya buta saja menutup Dinas Penerangan dan Sosial apalagi Wincin yang matanya bisa lihat)," ujar Budhi dalam video tersebut.

Unggahan bupati banjarnegara menyinggung pengelihatan Gus Dur. [Twitter]

Usut punya usut, video tersebut ternyata video lawas yang kembali diviralkan. Dikutip dari berbagai sumber video ini pernah viral pada tahun 2019. Saat itu Budhi sedang berdiskusi dengan suatu komunitas mengenai infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara.

Entah alasan apa yang membuat video ini kembali diviralkan. Sehingga bagi masyarakat khususnya warganet yang baru tau, video ini langsung jadi kontroversi.

Tak sedikit dari warganet yang geram terhadap sosok Bupati yang kerap melakukan hal-hal kontroversi belakangan ini. Warganet menganggap kata picek yang dilontarkan Budhi pada sosok Gus Dur dinilai suatu penghinaan.

Di akun FB Mak Lambe Turah, Minggu 29 Agustus 2021, banyak netizen menyayangkan bahkan mempertanyakan kok bisa Budhi menjadi seorang pemimpin.

MLT: “Perasaan kasus mulu nih si anak buah pepo.”

Dewi: “yg bgini koq bs jdi pemimpin...malu2in.”

Andrea Reinaldhy: “Telat!!! Kasus 2019. Udah minta maaf juga ke Gusdurian.”

Lukman Gombong: “kurang bijak iki. wong bupati omongane jan.”

Ary: “Model bgn kok bs pejabat ... songong.”

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto