Netral English Netral Mandarin
02:37wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Tak Hanya Kerak Telor, Ini 10 Kuliner Nikmat Khas Betawi yang Wajib Dicoba!

Selasa, 22-Juni-2021 15:15

Laksa Betawi.
Foto : Sudin Jakarta Puat
Laksa Betawi.
11

JAKARTA, NETRNEWS.COM - Kabar bahagia datang dari Ibu Kota DKI Jakarta yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-494. Sebagai wilayah yang dipadati oleh masyarakat Suku Betawi, DKI Jakarta ternyata merupakan kota yang juga kaya akan wisata kulinernya. 

Salah satu kuliner Khas Betawi yang paling terkenal adalah hidangan Kerak Telor yang memiliki proses memasak unik, serta rasanya yang gurih. Eits, tapi ternyata kuliner khas Betawi tidak hanya kerak telor saja lho. 

Berikut ini 10 kuliner nikmat khas Betawi yang bisa jadi rekomendasi saat jam makan Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga :

1. Ketoprak

Ketoprak diketahui merupakan salah satu kuliner Betawi yang populer dan digemari. Bagaimana tidak, makanan ini bahkan bisa ditemui sebagai menu untuk sarapan, makan siang, juga makan malam. 

Makanan yang satu ini terdiri dari ketupat, rebusan tauge, bihun, dan tahu goreng. Istimewanya, makanan ini akan diberi saus kacang yang kental, manis, gurih, sedikit kecap, serta sentuhan kerupuk. 

2. Laksa Betawi

Baca Juga :

Kuliner khas Betawi selanjutnya adalah Laksa Betawi. Makanan yang satu ini sepertinya lebih cocok disantap saat hari tengah hujan dan dingin karena berkuah hangat. 

Makanan yang satu ini berisi bihun, suwiran ayam, serta tauge. Uniknya, kuah dari Laksa Betawi biasanya kuning kental, ditambah taburan bawang goreng gurih, telur rebus, serta perasan jeruk untuk menambah kesegaran.

3. Lontong Sayur

Siapa yang tidak tahu lontong sayur? Ya mungkin makanan yang satu ini sudah familiar di telinga Anda.

Seperti namanya, makanan yang satu ini terdiri dari bahan lontong serta sayur. Sayur yang digunakan bisanya adalah irisan labu siam, terkadang ada tambahan potongan dadu dari tempe, serta ebi. 

Seluruh bahan berpadu dengan kuah santan yang sedikit encer dan berwarna kuning-merah. Makan kuliner yang satu ini lebih maknyus kalau ditambah dengan taburan bawang goreng serta krupuk.

4. Soto Betawi

Soto Betawi bisa jadi salah satu kuliner favorit bagi para pendatang ke Ibu Kota. Kuliner berkuah yang satu ini begitu tersohor karena kelezatan makanannya. 

Soto Betawi biasanya terdiri dari potongan daging sapi atau ayam, potongan kentang goreng, potongan tomat, serta taburan emping. Bahan itu lantas diguyur kuah santan, ada juga yang diguyur dengan kuah susu yang gurih. Cocok dimakan dengan nasi putih, sambal, acar, ataupun perasan jeruk yang segar.

5. Sayur Babanci

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci adalah salah satu hidangan ikonik khas Betawi yang kini mulai langka. Dinamakan Sayur Babanci karena hidangan ini tidak jelas jenisnya, bahkan tidak bisa dikategorikan sebagai "sayur" karena tidak ada campuran sayur.

Mirip seperti lontong sayur, kuliner yang satu ini terdiri dari potongan ketupat, potongan daging, serta kuah yang bersantan. Makan makanan yang satu ini juga paling cocok disantap bersama kerupuk.

6. Roti Buaya

Seperti namanya, Roti Buaya merupakan sebuah roti yang berbentuk buaya. Roti yang satu ini biasanya kerap diberi isian, salah satu yang favorit adalah isi cokelat. 

Biasanya roti ini dijadikan sebagai hantaran dalam prosesi pernikahan adat Betawi. Uniknya, roti biasanya disajikan dalam ukuran yang besar, berbeda dengan ukuran roti biasanya.

7. Ayam Sampyok

Ayam Sampyok merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang nikmat dan ikonik. Biasanya ayam dimasak dalam keadaan utuh dan dibelah dua, bagai penyajian ayam bakar. 

Ayam melalui proses pemasakan dengan berbagai campuran bumbu yang kaya rempah. Tak heran ayam yang satu ini gurih dan wangi. Ayam lantas disajikan dengan sai putih hangat dan taburan bawang goreng. 

8. Gabus Pucung

Kuliner satu ini diolah dari bahan baku ikan gabus dengan kuah warna hitam. Gabus pucung adalah gabungan nama dari kata "gabus" dan "pucung". 

Gabus adalah isi dari sayur tersebut, dan pucung atau kluwek adalah pewarna sayur tersebut. Makanan ini cocok disandingkan dengan nasi putih hangat dan berpadu dengan ikan gabus yang empuk.  9. Bubur Ase

Bubur ayam sudah biasa, kalau di Betawi ada yang namanya Bubur Ase. Bubur ini memiliki tampilan dan juga rasa yang unik, bikin penasaran!

Isinya adalah bubur nasi, diberi tauge, kemudian kuah semur. Tidak hanya kuahnya, turut ditambahkan juga potongan daging semur serta kentang semur sebagai pelengkapnya.

10. Sengkulun

Sengkulun merupakan salah satu camilan khas Betawi. Makanan yang satu ini berbahan dasar dari tepung beras dan tepung ketan yang berpadu dengan gula aren yang hitam manis. 

Sengkulun dimasak dengan cara dikukus dan diberi taburan kelapa parut putih. Bisa dibayangkan rasa kenyal manis berpadu dengan parutan kelapa berserat serta gurih. Hmmm, yummy!

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani