Netral English Netral Mandarin
19:44wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Tak Hanya Korban PKI, Kabar Arwah Gentayangan Juga Ada di Lokasi Anggota PKI yang Dibunuh

Rabu, 22-September-2021 17:05

Ilustrasi Jembatan Bacem dalam Film Dokumenter Karya Yayan Wiludiharto
Foto : Istimewa
Ilustrasi Jembatan Bacem dalam Film Dokumenter Karya Yayan Wiludiharto
45

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bisa ditarik benang merah bahwa di balik setiap lokasi terjadinya tragedi, selalu muncul kejadian misteri bahkan berbau supranatural yang diyakini oleh sejumlah warga masyarakat di Indonesia. 

Ada dua kemungkinan. Pertama bahwa memang benar di setiap lokasi  itu angker dan dihuni oleh kekuatan gaib. Kemungkinan kedua, fenomena gaib adalah satu bentuk psikologi kolektif untuk mengenang tragedi tersebut. 

Satu tragedi yang tak pernah berakhir dalam catatan sejarah Indonesia adalah rangkaian tindak kekerasan yang terjadi sejak malam 30 September 1965 dan pascamalam berdarah tersebut. 

Di malam jahanam itu, tujuh  perwira TNI Angkatan Darat diculik dan dibunuh secara keji oleh mereka yang menamakan dirinya Gerakan 30 September (G30S). 

Siapakah Gerombolan 30 September itu? Terbukti bahwa di antara mereka ada sejumlah tokoh penting Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Karena dalih itulah, Letjen Soeharto di kemudian hari menyatakan bahwa dalang G30S adalah PKI. Sebutan Gerakan 30 September pun berubah menjadi G30S/PKI. 

Tanpa membedakan mana yang sebenarnya terlibat dalam G30S dan mana yang tidak terlibat, yang pasti Soeharto memukul rata dan menyalahkan semua anggota PKI. 

Padahal, banyak sekali rakyat jelata yang tak tahu menahu aksi biadab di Lubang Buaya. Hanya karena tercatat sebagai anggota organisasi yang berafiliasi dengan PKI misalnya Barisan tani, Gerwani, Pemuda Rakyat, Lekra, maka tetap dinyatakan bersalah, ditangkap, dibuang, bahkan tak sedikit yang dibunuh secara keji tanpa melalui pengadilan. 

Rangkaian peristiwa berdarah inilah yang kemudian melahirkan beragam kisah misteri. Banyak lokasi pembantaian dikabarkan menjadi lokasi angker, penuh hantu bergentayangan. Ada yang berpendapat itu arwah penasaran namun sebagian lain menyebutnya jin gentayangan. 

Berikut 13 lokasi yang dinyatakan angker.

1. Museum Ahmad Yani, Jakarta Pusat

Tempat ini adalahalah bekas rumah Jenderal Ahmad Yani yang jadi saksi bisu atas pembunuhannya. Konon, siapapun dilarang berfoto di kamar sang jenderal, karena bisa jatuh sakit.

2. Monumen Lubang Buaya, Jakarta Timur

Merupakan lokasi pembuangan mayat tujuh jenderal yang dibunuh Gerombolan G30S kala itu. Konon sering terlihat penampakan tentara tanpa kepala saat malam hari

3. Lokasi pembantaian anggota PKI di Coban Talun, Batu, Jawa Timur.

Dinilai angker karena suatu ketika ada seorang siswa kesurupan, lalu mengaku melihat potongan tubuh korban PKI.

4. Hutan Regaloh, Pati, Jawa Tengah, 

Merupakan satu kuburan massal korban pembantaian yang dianggap pengikut PKI. Konon Sering terlihat penampakan tubuh tanpa kepala, seram banget!

5. Monumen Kresek, Madiun

Di lokasi ini, diperkirakan ada 2.000 warga dibunuh orang yang dianggap simpatisan PKI. Konon, saat malam hari, sering terlihat tentara tanpa kepala yang berkeliaran.

6. Hutan Plumbon

Konon, saat hujan, sering terdengar suara tangisan perempuan dan teriakan minta tolong di Hutan Plumbon, Semarang. Tempat ini pernah menjadi lokasi pembunuhan massal pada 1965-1966.

7. Cagar Alam Pagerwunung Darupono, Kendal, 

Di sini juga pernah terjadi peristiwa dibunuhnya pengikut PKI oleh tentara. Tersiar kabar warga mengaku melihat deretan tentara berbaris tanpa kepala.

8. Waduk Karangkates, Malang.

Konon sering muncul bau anyir yang menandakan adanya makhluk halus di Waduk Karangkates di Malang. Korban pembantaian dibuang ke aliran sungai yang mengarah pada waduk.

9. Jembatan Bacem di atas Bengawan Solo 

Dahulu di jembatan ini dilakukan aksi pembunuhan massal terhadap anggota  PKI. Konon, sering terlihat penampakan hantu tanpa kepala dan bau anyir darah.

10. Kuburan Massal Tanah Kafir, Cilacap

Merupakan pemakaman massal korban peristiwa 1965. Letaknya berada di tengah perkebunan karet yang berada di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap.

Menurut Jumar, warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kuburan massal itu, diperkirakan dulunya ada 100 orang yang dieksekusi di tempat itu.

11. Kuburan Massal di Grobogan Sebanyak 16 Titik

Pembantaian para pengikut PKI juga terjadi di Kabupaten Grobogan. Setidaknya ada 16 titik yang menjadi tempat pembantaian antara lain Kali Genjing, Kali Glugu, Pesantren Kali Aren, Bui Jati Pohon Kamp Takhrin, Jembatan Bandang, Waduk Simo, Pasar Kuwu, Waduk Langon, Sendang Tapak, Pangkrengan, Daplang, Tegowanu, Hutan Monggot, Kedung Jati, Hutan Sanggrahan, dan Mojo Legi.

12. Kuburan Massal di Hutan Jeglog

Di Kabupaten Pati, ada sebuah hutan jati yang menjadi lokasi kuburan massal korban 1965. Lokasi itu bernama Hutan Jeglog. Tempat itu berada di sisi timur pinggiran Kota Pati.

13. Hutan Darupono, Kendal

Hutan Jati Petak 45F yang menjadi bagian Cagar Alam Pagerwunung Darupono memiliki sejarah yang kelam. Di tempat itu, para pengikut PKI dibantai oleh para tentara.

Sebelum dibantai, mereka terlebih dahulu disuruh menggali lubangnya sendiri. Di saat mereka menggali lubang itulah, mereka diberondong peluru senjata dan tinggal dimasukkan ke dalam lubang.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli