Netral English Netral Mandarin
15:26wib
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta sejumlah pihak tidak memaksakan diri melakukan isolasi mandiri (isoman) saat terpapar virus corona. Wagub DKI meminta masyarakat tetap berada di rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak demi terhindar dari varian baru virus corona, yaitu varian Delta plus atau B.1.617.2.1
Tak Hanya Mempercantik, Ternyata Ini Manfaat Coating Mobil

Jumat, 11-Juni-2021 17:22

Coating pada mobil.
Foto : Istimewa
Coating pada mobil.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tahukah Anda bahwa ternyata coating mobil bukan hanya mempercantik kendaraan, tetapi juga memiliki banyak fungsi? Hal ini juga yang menjadi alasan bahwa coating tak hanya digunakan pada kendaraan saja. 

Coating pada mobil melalui beberapa proses yang tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karena itu ketika mobil Anda mendapatkan cacat karena goresan, perlu dibawa ke bengkel khusus. 

Kenali pengertian coating pada mobil, prosesnya, dan apa saja jenis serta bagaimana Anda bisa merawatnya dengan benar. 

Apa Itu Coating Mobil dan Manfaatnya 

Coating adalah pelapisan jika ditilik dari asal katanya. Sedangkan coating untuk mobil artinya adalah proses yang dilakukan oleh teknisi dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil yang sudah dilapisi dengan cat warna. 

Nantinya lapisan dari coating ini akan membuat tampilan kendaraan menjadi lebih kinclong. Lapisan ini sangat penting karena akan menjaga ketahanan dari komponen yang dilapisi, dalam hal ini adalah body mobil. 

Jenis bahan coating yang digunakan pun semakin komplek seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu demi mendapatkan hasil yang sempurna, maka proses produksinya atau penerapannya sangat penting. 

Bagi Anda yang mendambakan mobil dengan tampilan bening, mengkilat, dan cerah maka perlu adanya lapisan coating ini. Itulah manfaat yang akan Anda dapatkan jika melapisi body mobil yang sudah dicat dengan lapisan coating. 

Manfaat lainnya adalah sebagai bagian dari perawatan mobil. Sehingga seluruh body tampak kinclong dan warna cat lebih tahan lama. 

Jenis-Jenis Coating Mobil 

Apa itu coating hingga prosesnya sudah kita bahas, kini saatnya mempelajari jenis-jenis coating. Coating sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yang bisa dilakukan sendiri dan ada juga yang perlu dibantu oleh teknisi khusus. 

Dengan Anda mengenali jenis coating untuk mobil ini, maka akan mempermudah dalam proses perawatannya. Berikut ini ketiga jenis coating yang paling sering digunakan dalam industri mobil. 

Ceramic Coating

Jenis yang pertama ini adalah seperti yang digambarkan pada proses aplikasi tadi yaitu memanfaatkan produk liquid. Setiap produk mobil sebelum dipasarkan selalu menggunakan bahan ceramic coating ini. 

Larutan yang digunakan memiliki kandungan keramik khusus yang bisa menciptakan tampilan sangat mengkilap sekaligus melindungi. Lapisan yang terbentuk mampu memberikan perlindungan terbaik dibandingkan jenis yang lainnya. 

Nano Coating

Masih dengan jenis produk yang berbentuk cairan, hanya saja di dalamnya terkandung bahan yang ukurannya nano. Bahan kimia yang ukurannya nano ini mampu melindungi permukaan cat mobil dengan sangat baik. 

Hanya saja kekurangannya adalah sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar bahkan manusia. Oleh karena itu penggunaan nano coating ini hanya boleh dilakukan oleh profesional di ruangan khusus. 

Wax

Jenis yang ketiga ini paling bisa diaplikasikan sendiri. Jika Anda merasa tampilan mobil kurang menarik atau muncul goresan ringan maka bisa memanfaatkan wax untuk pemolesan. Cara pengaplikasiannya yang mudah menjadikan wax banyak digunakan. 

Kelemahan satu-satunya adalah lapisan yang sudah dibuat tidak tahan lama, apalagi jika body mobil sering terkena panas. Tampilan mobil akan cepat kusam dan Anda perlu mengaplikasikan wax kembali untuk memulihkan tampilan kinclongnya. 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian