Netral English Netral Mandarin
03:32wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Tak Hanya Tumbuhan Hijau, Ini 5 Manfaat Klorofil Bagi Tubuh Manusia

Jumat, 30-April-2021 09:40

Konsumsi klorofil dan rasakan manfaatnya.
Foto : Alodokter
Konsumsi klorofil dan rasakan manfaatnya.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selama ini kita mengenal bahwa klorofil berperan penting dalam membuat tanaman menjadi hijau dan sehat. Tapi tahukah Anda ternyata klorofil bisa bermanfaat pula bagi kesehatan manusia?

Klorofil ternyata memgandung vitamin, antioksidan, dan sifat terapeutik yang berpotensi bermanfaat bagi tubuh.

Anda bisa mendapatkan klorofil dari tumbuhan atau suplemen, meskipun suplemen mungkin lebih efektif. Ini karena klorofil mungkin tidak bertahan dalam pencernaan cukup lama untuk penyerapan.

Baca Juga :

Suplemen klorofil sebenarnya adalah klorofilin, yang mengandung tembaga. Ketika dosis klorofilin diambil, tembaga dapat dideteksi dalam plasma, yang berarti telah terjadi penyerapan. Untungnya, klorofilin memiliki sifat yang mirip dengan klorofil. 

Berikut ini lima manfaat klorofil, seperti dilansir dari laman healthline, Jumat (30/4/2021):

Baca Juga :

1. Penyembuhan Luka Kulit 

Klorofilin telah menunjukkan kemungkinan efek untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit. 

Baca Juga :

Klorofilin mungkin juga efektif untuk kondisi kulit lainnya, sebagaimana dibuktikan oleh hasil dari dua studi percontohan. Studi percontohan adalah studi pendahuluan skala kecil yang dilakukan sebelum studi atau uji coba yang lebih besar. 

Sebuah studi percontohan 2015 dari 10 orang dengan jerawat dan pori-pori besar mengalami perbaikan kulit ketika gel klorofilin topikal digunakan selama 3 minggu.

Studi percontohan 2015 lainnya, yang juga melibatkan 10 orang, menemukan bahwa menggunakan klorofilin topikal selama 8 minggu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari.

2. Pembangun Darah 

Beberapa orang berpendapat bahwa klorofil cair dapat membangun darah Anda dengan meningkatkan kualitas sel darah merah. 

Sebuah studi percontohan tahun 2004 menunjukkan bahwa rumput gandum, yang mengandung sekitar 70 persen klorofil, mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan pada orang dengan talasemia, kelainan darah. Namun, penting untuk dicatat bahwa penulis penelitian tidak menyimpulkan bahwa klorofil adalah alasan penurunan kebutuhan transfusi. 

Chris Reynolds, seorang ahli klinis dalam wheatgrass, percaya bahwa manfaat kemungkinan besar berasal dari rumput gandum itu sendiri daripada dari klorofilnya. Tidak jelas bagaimana rumput gandum memengaruhi sel darah merah. Tapi diyakini bahwa klorofil dihancurkan selama produksi ekstrak rumput gandum.

3. Detoksifikasi

Para peneliti telah melihat efek klorofil dan klorofilin pada kanker. Satu penelitian pada hewan pada ikan trout menemukan bahwa (tergantung pada dosisnya) klorofil mengurangi kejadian tumor hati sebesar 29 hingga 63 persen dan tumor perut sebesar 24 hingga 45 persen. 

Sementara hasil penelitian pada hewan menjanjikan, baru-baru ini ada uji coba pada manusia. Sebuah penelitian kecil terhadap empat sukarelawan menemukan bahwa klorofil dapat membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker. 

4. Penurunan Berat Badan 

Salah satu klaim paling populer yang terkait dengan klorofil cair adalah dukungan penurunan berat badan. Namun, penelitian tentang topik ini saat ini sangat terbatas.

Sebuah studi tahun 2014 yang melibatkan 38 partisipan wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau, yang termasuk klorofil, sekali sehari mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut. 

5. Deodoran Alami 

Klorofilin telah digunakan sejak 1940-an untuk menetralkan bau tertentu, tetapi sepertinya penelitian itu sudah ketinggalan zaman dan menunjukkan hasil yang beragam. 

Studi terbaru orang dengan trimethylaminuria, suatu kondisi yang menyebabkan bau amis, menemukan bahwa klorofilin secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina. Adapun klaim tentang klorofilin mengurangi bau mulut, hanya ada sedikit bukti yang mendukungnya. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani