Netral English Netral Mandarin
22:22wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Jakarta Tak Masuk di Jadwal Formula E, Warga Bakal Class Action? Muannas: KPK kok Belum Urus Tanah Bodong?

Senin, 12-Juli-2021 09:45

Muannas Alaidid dan ilustrasi Formula E
Foto : Kolase Netralnews
Muannas Alaidid dan ilustrasi Formula E
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Heboh nama Jakarta tak masuk di jadwal Formula E tahun 2022 ramai menjadi sorotan publik.

Muannas Alaidid mempertanyakan apakah dengan berita tersebut, warga Jakarta bakal melakukan class action.

Ia bahkan  mengaitkannya dengan persoalan dugaan korupsi dalam kasus pengadaan tanah bodong yang hingga kini belum diselidiki oleh KPK.

“Masa warga jakarta harus class action ? Trus @KPK_RI kok belum juga maju-maju urusan DKI dugaan beli tanah bodong?” kata Muannas, Senin 12 Juli 2021.

Untuk diketahui, Indonesia kemungkinan besar belum akan bisa menggelar balapan Formula E pada tahun 2022. Dalam kalender sementara yang belum lama ini dirilis, tidak ada nama DKI Jakarta sebagai salah satu tuan rumah.Formula E merilis kalender balap terbarunya pada pekan lalu, di mana untuk musim balap 2022 akan dilangsungkan di 12 kota dan terdiri dari 16 seri. Kalender paling update tersebut dirilis ke publik setelah digelar pertemuan dengan FIA di Meksiko.

Musim balap Formula E akan dimulai dengan dua balapan pembuka di Arab Saudi pada 28 dan 29 Januari. Setelah itu balapan menggunakan mobil listrik itu akan dilangsungkan di Meksiko, Afrika Selatan, China, Italia, Monaco, dan Jerman.

Ada satu jadwal yang statusnya masih TBD, alias to be to be decided (belum diputuskan). Jadwal balapan tersebut adalah untuk race tanggal 4 Juni. Dikutip dari motorsport, tanggal tersebut disiapkan untuk Jakarta.

"Kami tidak bisa mengumumkan kenapa kami menaruh TBD pada tanggal tersebut. Tapi pada dasarnya, kami punya kontrak untuk melakukannya di Jakarta," ucap pendiri sekaligus direktur kejuaraan Formula E, Alberto Longo.

Jakarta seharusnya menjadi tuan rumah balapan Formula E untuk musim 2019/2020. Ketika itu Formula E Jakarta dijadwalkan dilangsungkan pada 6 Juni.

Namun pada Maret 2020, Gubernur Anies Baswedan mengeluarkan surat yang meminta penyelenggaraan Formula E di Jakarta diundur menyusul merebaknya kasus COVID-19.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat Anies ketika itu seperti dinukil detik.com.

Pada Februari 2021 lalu, Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, menyebut masih ada peluang Indonesia menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 2021. Namun ketika itu belum terjadi ledakan kasus positif COVID-19 sebagaimana sedang dihadapi Indonesia saat ini.

Kalender balap Formula E 2022Seri 1 dan 2 -- 28 & 29 Januari -- Arab SaudiSeri 3 -- 12 Februari -- MeksikoSeri 4 -- 26 Februar -- Afrika SelatanSeri 5 -- 19 Maret -- ChinaSeri 6 -- 9 April -- ItaliaSeri 7 -- 30 April -- MonacoSeri 8 -- 14 Mei -- JermanSeri 9 -- 4 June -- (TBD)Seri 10 -- 2 Juli -- KanadaSeri 11 & 12 -- 16 & 17 Juli -- Amerika SerikatSeri 13 & 14 -- 30 & 31 Juli -- InggrisSeri 15 & 16 -- 13 & 14 Agustus -- Korea Selatan

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Irawan HP