Netral English Netral Mandarin
02:51wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Tak Perlu Beli, Begini Cara Memperbanyak Tanaman Hias di Rumah

Jumat, 28-Mei-2021 19:20

Rawat tanaman sesuai karakternya.
Foto : ikea
Rawat tanaman sesuai karakternya.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda termasuk pecinta tanaman hias. Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak menyibukkan diri di rumah merupakan hal paling penting.

Namun bagi pemula, tak perlu ragu memulai mencoba mengkoleksi tanaman yang dianggat mudah dan cantik jika ada di rumah Anda. 

Masih ragu tentang cara merawat tanaman hias di rumah? Gunakan cara pemula ini, dengan tips menyiram, mengatur posisi dan memperbanyak dari seorang pemilik rumah yang baru saja mengasah kemampuan berkebunnya.

Dilansir dari laman ikea, berikut cara merawat tanaman hias dan mengembangbiakkannya agar tak perlu beli lagi.

Beri makan tanaman Anda

Sebagian besar tanaman lebih suka disiram dari bagian bawah. Siram mereka dengan sedikit air secara bersamaan. Butuh waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap minggu untuk merawat tanaman, bukan sesuatu yang menghabiskan banyak waktu.

Untuk meningkatkan pertumbuhan mereka, tambahkan suplemen tanaman ketika proses penyiraman, khususnya selama musim semi/musim panas.

Ambil posisi sempurna

Cari tahu bagaimana cahaya bergerak di sekitar rumah Anda dan pilih tanaman yang cocok dengan sinar matahari dan tempat teduh, tingkat kelembapan, dan suhu.

Dan jika tanaman kering?Anda biasanya perlu memotongnya kembali, memotong sedikit yang tidak sehat dan kemudian lihat apa yang terjadi.”

Mulai dengan varietas yang mudah dirawatTanaman Spider tumbuh dengan baik dan mudah dirawat. Tanaman sukulen, tanaman lidah mertua, dan peace lily juga cocok untuk pemula.

Bijaksana menggunakan air

Menggunakan terlalu banyak air adalah kesalahan yang sering dilakukan. Pastikan pot Anda memiliki lubang drainase sehingga tanaman tidak terendam air, dan tanah tetap lembap bukan basah.

 Sebagian besar tanaman saya mudah sekali dirawat. Satu-satunya yang membutuhkan perhatian ekstra adalah Calathea. Semprotkan air tiga kali sehari agar ia tetap lembap.

Bantu stek Anda berakar

Tempatkan stek di dalam air agar akarnya dapat tumbuh. Cukup air, Anda tidak perlu menambahkan apa pun. Tapi ganti airnya setiap dua sampai tiga hari untuk menjaganya tetap segar.

Saat akar muncul, tanam stek Anda di pot berisi tanah (jangan gunakan pot yang terlalu besar). Dapatkan tanah pot khusus karena tanah biasa terlalu kaya nutrisi dan pada akhirnya akan merusak akar tanaman."

Stek adalah cara bebas biaya untuk menumbuhkan koleksi tanaman Anda. Cara pengambilan stek berbeda-beda. Metodenya tergantung pada tanamannya. 

Untuk tumbuhan seperti Epipremnum, jika Anda melihat batangnya, Anda akan melihat simpul-simpul kecil - seperti sambungan!.

Stek harus memiliki simpul jadi saya akan memotong batang tepat di atas simpul dan mengupas daun dari bawah. Kemudian siap untuk dimasukkan ke dalam air."

Bagi dan gandakan

Cara lain untuk memperbanyak tanaman Anda adalah dengan membaginya - secara harfiah membelah akar dan bagian atas tanaman. Hati-hati pindahkan tanaman Anda dari potnya dan hilangkan sebagian besar tanah sehingga Anda dapat melihat akarnya. Kemudian dengan lembut pisahkan kedua bagian dan masukkan masing-masing ke dalam potnya sendiri.

Tepuk-tepuk ke dalam campuran tanah tapi jangan terlalu kencang agar tidak terjadi pemadatan tanah. Ciptakan kondisi pertumbuhan yang tepat

Hal utama dalam mengganti pot adalah jangan menggunakan pot yang terlalu besar. Naikkan saja ke satu ukuran. Saya dengan lembut mengeluarkan tanaman dari pot lamanya dan membuang sedikit tanah. 

Dalam mangkuk  Anda bisa mencampur satu bagian tanah dengan satu bagian kerikil. Ini adalah campuran yang tidak terlalu padat sehingga masih ada ruang untuk akar tanaman tumbuh, dan air tidak tersumbat.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati