Netral English Netral Mandarin
21:57wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Tak Perlu ke Salon, Buah Ini Bisa Mencerahkan hingga Mengurangi Kerutan di Wajah

Senin, 25-Oktober-2021 21:40

Masker Pepaya
Foto : Istimewa
Masker Pepaya
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pepaya merupakan jenis buah kaya akan nutrisi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan.

Kandungan enzim papain dan antioksidan pada buah pepaya baik untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C, asam pantotenik, asam folat, dan likopen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan yang paling banyak pada buah pepaya adalah vitamin C. Jumlah vitamin C pada 100 gram buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh selama sehari.

Selain itu, buah pepaya juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti

Tak hanya memiliki kandungan vitamin C, pepaya juga kaya akan pro vitamin A, beta karoten, niacin, folat, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, polifenol, danielone, kalium, magnesium, kalsium, enxim papain, dan sebagainya.

Berikut manfaat pepaya untuk kecantikan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melembapkan kulit wajah

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu merawat kulit yang kering dan mudah terkelupas. Oleskan masker pepaya ke wajah untuk  melembabkan kulit yang kering.

Cara membuatnyaCampurkan 1 sendok makan buah pepaya yang sudah dihaluskan dan 1 sendok teh madu.

Oleskan pada permukaan wajah secara merata menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih.Diamkan selama 30 menit atau hingga masker mengering. Bilas wajah menggunakan air dingin.

2. Memutihkan wajahBuah yang satu ini mampu membersihkan kulit dari kotoran dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau radikal bebas. 

Buah ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pokok di berbagai produk kecantikan atau pemutih wajah, misalnya sabun atau lotion pepaya.

Cara penggunaan pepaya untuk memutihkan wajah:

Haluskan atau blender buah pepaya matang hingga menjadi bubur.Oleskan buah pepaya yang telah hancur tersebut ke wajahDiamkan dan tunggu hingga 20 menitBilas dengan air bersih

3. Mencerahkan KulitMencerahkan kulit adalah salah satu manfaat pepaya. Vitamin pada pepaya dapat membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Hal tersebut dapat memberikan efek relaks, sehat, cerah, dan segar. Caranya yaitu dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

4. Mengobati jerawatManfaat pepaya untuk wajah adalah menyembuhkan jerawat. 

Kandungan enzim di dalam pepaya dapat mengobati jerawat yang meradang. Kandungan enzim papain dan chymopapain di dalamnya diyakini efektif mengobati jerawat yang meradang. 

Selain itu, kedua enzim tersebut dapat mencegah jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab pori-pori kulit tersumbat. 

Anda bisa mendapatkan salah satu manfaat masker pepaya untuk wajah ini dengan cara:

- Haluskan potongan buah pepaya terlebih dahulu.- Bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka. 

- Oleskan halusan tersebut sebagai masker wajah dengan jari-jari tangan atau kuas bersih.

- Diamkan masker selama 15-20 menit atau hingga mengering.

- Bilas wajah menggunakan air dingin.

5. Mengurangi kerutan di wajahManfaat pepaya untuk wajah lainnya adalah mengurangi kerutan di wajah.Gosokkan kulit pepaya di wajah sebagai cara mengurangi kerutan. 

Menurut penelitian, manfaat pepaya untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan berupa likopen yang dapat melawan tanda-tanda penuaan.  

Hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa antioksidan serta vitamin E dan C mampu melawan radikal bebas sehingga membuat kulit akan lebih halus dan tampak awet muda.

Manfaat buah pepaya untuk wajah juga dapat memperbaiki elastisitas kulit sehingga mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, manfaat tersebut dilakukan pada uji coba hewan tikus.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi