Netral English Netral Mandarin
14:29wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Tanam Bambu dan Kayu Manis, Anies Banjir Pujian, Netizen: Masyaalloh, Jakarta Punya Hutan Kota

Sabtu, 05-Juni-2021 16:29

Gubernur Anies Baswedan melakukan aksi tanam sambut Hari Lingkungan Hidup
Foto : FB/Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan melakukan aksi tanam sambut Hari Lingkungan Hidup
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur Anies Baswedan banjir pujian karena melakukan aksi menanam sejumlah pohon di antaranya bambu dan kayu manis dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup. 

“Memulai Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam bambu dan kayu manis bersama pegiat lingkungan, Babe Idin, Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), dan Kerukunan Tani Perkotaan, di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus, pagi tadi,” kata Anies Baswedan, Sabtu 5 Juni 2021.

“Babe Idin dan para pegiat lingkungan lain telah melakukan konservasi ekosistem sungai di Jakarta. Sudah 30 tahun lebih Babe Idin berjuang menghijaukan sempadan Sungai Pesanggrahan yang tadinya penuh sampah. Inisiatif warga seperti ini dapat dijadikan referensi untuk menghijaukan sungai lain. Terlebih Jakarta merupakan kota yang dilewati aliran sungai alami terbanyak di Indonesia,” imbuh Anies seperti dikisahkan di akun FB-nya.

“Kami mengapresiasi contoh baik yang bisa dijadikan rujukan terkait upaya konservasi ekosistem. Bagi warga Jakarta yang ingin melihat sebuah kawasan hijau natural di tepi kiri dan kanan sungai, Hutan Kota Sangga Buana contohnya,” puji Anies.

“Hutan Kota Sangga Buana juga ditanami berbagai macam tanaman yang memiliki nilai ekonomi. Ada kopi, sukun, tanaman rempah, hingga menjadi sarang untuk lebah. Tanaman-tanaman ini jadi komoditas yang menghidupi masyarakat di bantaran sungai,” lanjutnya.

“Mau ke Hutan Kota Sangga Buana? Hanya sekitar 15 menit dari Stasiun MRT Lebak Bulus, dengan naik mikro trans JakLingko JAK 03 atau 20 menit bersepeda,” tandas Anies.

Banyak netizen memuji gerakan Anies Baswedan. Berikut di antaranya:

Putri Soil Faperta:"Masya Allah Tabarakallah... semoga pak Anies dan keluarga berserta masyarakat Jakarta, slalu dlimpahkan keberkahan dan Jakarta kembali hijau dg hutan2nya. Aamiin."

Erma Sariwati: “Masyaalloh.. Jakarta punya hutan kota... Semoga tetap terjaga kelestariannya.. apresiasi setinggi tingginya buat babe idin dll.”

Yahya Shi: “H idin jawara tulen. pejuang lingkungan dan sosok yg menginspirasi. Sangga Buana menjadi tujuan Field Trip tuk para pelajar dalam upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara melestarikan lingkungan.”

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P