Netral English Netral Mandarin
02:17wib
Pemerintah Indonesia kritik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang luput menyoroti kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di negara-negara maju. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.
Taufik Damas: Ada Orang Mengira NU Dukung Taliban, Dongok!

Senin, 23-Agustus-2021 00:01

Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Taufik Damas.
Foto : Dakwah NU
Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Taufik Damas.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Taufik Damas menanggapi pihak-pihak yang beranggapan kalau NU mendukung Taliban.

Anggapan itu muncul setelah beredar foto di media sosial yang memperlihatkan pertemuan delegasi Taliban dan Pengurus Besar NU (PBNU).

Taufik tidak menampik kalau delegasi Taliban pernah bertemu PBNU. Adapun pertemuan itu dilakukan di Kantor PBNU pada Juli 2019 lalu.

Menurutnya, tujuan delegasi Taliban menyambangi PBNU saat itu adalah untuk mengetahui konsep Islam Nusantara.

"Delegasi Taliban pernah datang ke PBNU," tulis Taufik di akun Twitternya, seperti dilihat netralnews.com, Minggu (21/8/2021).

"Mereka datang karena ingin tahu konsep Islam Nusantara yang mungkin bisa diterapkan di Afghanistan agar mereka bisa menciptakan perdamaian di sana," sambungnya.

Namun, lanjut Taufik, hanya karena pertemuan dan foto tersebut, sejumlah pihak berasumsi bahwa NU mendukung Taliban yang sekarang berkuasa di Afghanistan.

Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta ini menyebut, mereka yang berpendapat NU mendukung Taliban adalah orang-orang 'dongok'.

"Eh, hanya karena poto kunjungan Taliban ke PBNU, ada orang mengira NU mendukung Taliban. Dongok!" tegas Taufik.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati