Netral English Netral Mandarin
04:31wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Temuan Arkeologi ini Berhasil Ungkap Sejarah Raja-raja Mesir

Jumat, 07-Mei-2021 02:00

Peninggalan Mesir Kuno.
Foto : facts.net
Peninggalan Mesir Kuno.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Penemuan besar di bidang arkeologi kembali terjadi di Mesir. Tim arkeolog Mesir berhasil menemukan 110 makam kuno di delta Sungai Nil, yang diperkirakan berasal dari era sebelum Firaun Mesir pertama, lebih dari 5.000 tahun yang lalu. 

Berbarengan dengan temuan itu, tim arkeolog juga menemukan makam dari periode Hyksos (1650-1500 SM) yang berkuasa di Mesir setelah imigran dari Asia Barat meruntuhkan kekuasaan Kerajaan Tengah Mesir. 

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengatakan, sebanyak 68 makam kuno berasal dari periode Buto, sekitar 3300 SM. Lima makam lain berasal dari periode Naqada III, yang berkuasa sebelum kekuasaan Firaun pertama, sekitar tahun 3100 SM. Demikian dilansir dari Al Jazeera, (29/4/ 2021).

Sedangkan sebanyak 37 makam kuno berasal dari erak Hyksos, yang mulai bermigrasi dari Sinai ke Mesir sekitar 1800 SM. Menyingkap sejarah Mesir kuno Pakar sejarah Mesir di American University Kairo, Salima Ikram mengatakan, penemuan arkeologis di Provinsi Dakahlia, utara Kairo itu dapat menjelaskan dua periode transisi penting di era Mesir kuno. 

"Ini adalah pemakaman yang sangat menarik karena menggabungkan beberapa periode paling awal dalam sejarah Mesir dengan era penting lainnya, seperti masa Hyksos," kata Salima Ikram. "Para ahli sejarah Mesir terus berupaya untuk memahami bagaimana orang Mesir dan Hyksos hidup bersama dan sejauh mana tradisi Mesir sebelumnya," katanya melanjutkan. 

Makam era Buto Melansir Arab News, 29 April 2021, Kepala Sektor Barang Purbakala Mesir di Dewan Tertinggi Purbakala Ayman Ashmawy mengatakan, kuburan Buto berbentuk lubang oval dengan mayat ditempatkan dalam posisi jongkok. 

Dia menyebutkan, sebagian besar jasad di makam itu berada di sisi kiri dengan kepala mengarah ke barat. Penemuan makam Buto juga mengungkap sisa-sisa penguburan bayi di dalam bejana tembikar dari periode Boto II. 

Dia menambahkan, lima makam yang berasal dari era Naqada III juga berbentuk oval. Dua kuburan ditutupi dari semua sisi dengan lapisan tanah liat. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP