Netral English Netral Mandarin
06:51wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Temukan Kejutan di Desa Wisata Kampung Purun

Jumat, 03-September-2021 12:45

Kearifan lokal di Desa Wisata Kampung Purun.
Foto : Kemenparekraf
Kearifan lokal di Desa Wisata Kampung Purun.
15

BANJARBARU, NETRALNEWS.COM - Kampung Purun dikenal sebagai desa yang memiliki produk unggulan kerajinan anyaman purun. Purun sendiri merupakan sejenis tanaman ilalang yang tumbuh di area persawahan yang ada di sekitar kampung ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan keberadaan desa-desa wisata seperti Kampung Purun ini dapat menjadi sentra vaksinasi dalam upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi warga masyarakat, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini adalah apa yang saya bayangkan bahwa desa-desa wisata, kampung-kampung kreatif kita ini bisa menjadi sentra vaksinasi dan mendorong satu narasi tunggal. Yaitu vaksinasi sebagai benteng kita melawan pandemi," kata Menparekraf, Kamis, (3/9/2021).

Vaksinasi yang kemudian terus ditunjang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, lanjut Sandiaga, merupakan upaya untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Sehingga membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan, khususnya di Banjarbaru.

Selain itu, Sandiaga juga mendorong agar para pemangku pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan untuk berkolaborasi mengembangkan sektor parekraf di provinsi yang dijuluki dengan sebutan "Bumi Lambung Mangkurat" ini.

"Saya juga mendorong teman-teman desa kreatif ini dan Pak Wali Kota (Banjarbaru) serta semua pihak terkait untuk berkolaborasi membangkitkan kembali Banjarbaru pascapandemi. Harapan kita pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih, segera bangkit dan lapangan pekerjaan segera tersedia," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, pihaknya juga akan mendorong keterlibatan aktif para pelaku ekonomi kreatif di sentra-sentra vaksinasi dengan penjualan produk-produk ekonomi kreatif atau menjadi etalase pertunjukan dari pelaku seni.

"Sehingga para pekerja seni yang selama ini tidak mendapatkan pekerjaan, bisa juga dikaryakan," katanya.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati