3
Netral English Netral Mandarin
22:44 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Mengaku Sekubu, Tengku Zul Sebut Ribka Tjiptaning Saja Kena Geser apalagi Oposisi

Selasa, 19-January-2021 16:41

Mengaku Sekubu dan Ribka Tjiptaning Kena Geser, TZ: Apalagi Oposisi...
Foto : Istimewa
Mengaku Sekubu dan Ribka Tjiptaning Kena Geser, TZ: Apalagi Oposisi...
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selasa (19/1/21), mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain mengomentari kasus mutasi yang dialami politikus PDIP Ripbka Tjiptaning.  Zul mengaku sekubu dengan Ribka.

Namun, nasibnya akhirnya digeser oleh petinggi Partai PDIP. Zul pun membandingkan dengan pihak oposisi.

"4 Priode di Komisi IX, setelah menolak Vaksin Covid, Ribka Tjiktaning, penulis buka "Aku Bangga Jadi Anak PKI", kader PDIP ini, digeser ke Komisi VII, lepas dari urusan Vaksin," kata Tengku Zul.

"Kalau yg sekubu saya punya pendapat beda kena GESER, apalagi OPOSISI...? Hemm..," imbuhnya.

Sementara sebelumnya diberitakan, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII DPR RI. Ribka menilai rotasi tersebut sebagai hal yang biasa saja.

"Biasa aja," kata Ribka Tjiptaning saat dihubungi detikcom, Selasa (19/1/2021).

Ribka mengaku bisa berjuang di mana saja demi kepentingan rakyat. Namun, ia heran karena dirinya yang seorang dokter dipindahkan ke Komisi VII, yang membawahkan isu energi, riset, dan teknologi.

"Di mana aja bisa berjuang untuk rakyat. Cuma lucu aja dokter ngurus minyak," ujarnya.

Lebih lanjut, Ribka Tjiptaning mengungkapkan dirinya sudah 17 tahun menjadi anggota Dewan yang membawahkan isu kesehatan. "Aku 17 tahun di Komisi IX dan 10 tahun pimpinan Komisi IX," ucapnya.

Ribka juga enggan menjelaskan alasan pemindahannya menjadi anggota Komisi VII DPR RI. Menurutnya, hal itu harus ditanyakan kepada pimpinan Fraksi PDIP DPR.

"Tanya pimpinan fraksi yang memindahkan saya," ucapnya.

Sebagai informasi, Komisi VII DPR RI merupakan alat kelengkapan Dewan yang membidangi ranah energi, riset, dan teknologi. Komisi VII DPR RI bermitra dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), hingga Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Sebelumnya, Fraksi PDIP DPR RI melakukan rotasi anggotanya di sejumlah komisi di DPR RI. Salah satunya Ribka TJiptaning, yang dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII.

Rotasi Ribka Tjiptaning ini tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/I/2021. Surat ini dibenarkan oleh Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI, Bambang Wuryanto.

"Benar," kata Bambang seperti dilansir Detik.com, Senin (18/1).

da 5 anggota fraksi PDIP yang dirotasi. Selain Ribka TJiptaning, ada Ihsan Yunus yang dirotasi. Dia dirotasi dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II.

Lalu Johan Budi Sapto Pribowo dari anggota Komisi II menjadi anggota Komisi III. Serta dua nama lainnya, yakni Gilang Dhielafararez dari anggota Komisi VI menjadi anggota Komisi III dan Marinus Gea dari anggota Komisi III menjadi anggota Komisi XI.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto