Netral English Netral Mandarin
01:25 wib
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya tertular Covid-19 saat makan karena harus melepas masker. Ia pun mengimbau masyarakat menghindari makan-makan bersama orang lain. akan menggunakan GeNose, alat deteksi virus corona atau Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM), di sejumlah stasiun kereta api di Indonesia mulai 5 Februari 2021.
Kompolnas Sebut Puluhan Mantan FPI Terlibat Terorisme, TZ: Kenapa Ngurusin Terorisme ? Itu Urusan BNPT

Selasa, 15-December-2020 10:45

Tengku Zulkarnain
Foto : PA 212
Tengku Zulkarnain
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wasekjen MUI, Tengku Zulkarnain menanggapi pernyataan ketua harian Kompolnas, Benny Mamoto terkait adanya puluhan mantan atau anggota FPI yang terlibat terorisme.

Tengku Zul mempertanyakan tugas Kompolnas yang seharusnya mengawasi kinerja kepolisian, bukan urusan teroris. Urusan terorisme, lanjut Tengku Zul, adalah tugas BNPT.

\"Kenapa Kompolnas ngurusi Terorisme? Itu urusan BNPT. Kerja anda mengawasi kerja Kepolisian. DIm hal ini masalah penembakan 6
Laskar yg beritanya simpang siur.. Hemm..,\" kata Tengku Zul dalam akun Twitternya, @ustadtengkuzul.



Sebelumnya Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mencatat ada 37 anggota maupun mantan anggota FPI yang bergabung dalam kelompok teroris. Beberapa dari mereka kedapatan terlibat aksi teror.

\"Saya buka datanya ada 37 anggota FPI atau dulunya anggota FPI yang kemudian gabung dengan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) dengan MIT (Mujahidin Indonesia Timur) dan sebagainya yang terlibat aksi teror,\" kata Benny beberapa waktu lalu.

Menurut dia, data itu didapat atas kapasitasnya sebagai kepala Pusat Riset Ilmu Kepolisian dan Kajian Terorisme di Universitas Indonesia (UI). Dia mengaku data itu minim diungkap ke publik.

\"Data ini belum banyak dipublikasikan media massa,\" ujar dia.

Sebanyak 37 orang itu juga disebutkan masih aktif sebagai anggota FPI ketika terlibat terorisme. Mereka beraksi di Aceh, mengebom Polresta Cirebon, hingga menyembunyikan teroris Noordin M Top.

\"Ada juga yang merakit bom,\" ujar mantan Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dia menegaskan data itu bukan rekayasa. Jejak proses hukum di pengadilan menjadi bukti keterlibatan 37 orang itu.

\"Fakta yang telah terungkap dan sudah melewati proses hukum di pengadilan,\" ucap Benny.

'', 'Kompolnas Sebut Puluhan Mantan FPI Terlibat Terorisme, TZ: Kenapa Ngurusin Terorisme ? Itu Urusan BNPT', "

Reporter : Wahyu Praditya Punomo
Editor : Sulha Handayani