Netral English Netral Mandarin
14:05wib
Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengaku sudah menyelesaikan 24 masalah yang tertunda ke Badan Anti Doping Dunia (WADA). Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 booster pada masyarakat.
Hiii! Usai 13 Tahun Suzzanna van Osch Meninggal, Terkuak Misteri Benda Koleksi Lemarinya 

Jumat, 26-Maret-2021 07:17

penampakan rumah Suzanna yang ada di Magelang
Foto : Grid.id
penampakan rumah Suzanna yang ada di Magelang
133

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Siapa yang tak merinding bila mengenang benda-benda koleksi seseorang yang telah meninggal dan selama hidupnya bergelut dengan segala hal yang berbau horor? Inilah yang terjadi dengan terkuaknya benda-benda koleksi Suzzanna di almari yang selama ini terkunci. 

Banyak warganet menyoroti semua pemberitaan terkait “Ratu Horor” ini. Di akun FB Mak Lambe Turah, baru-baru ini sejumlah netizen ramai mengomentari berita tentang Suzzana terkini. Berikut di antaranya.

MLT: “Suzanna emang tak terganti. dulu itu filem horor isinya Suzanna semua. kalo horor anu isinya, eva arnaz, inneke koesherawati, ayu azhari. Lejen (legenda, red), emang.”

PrabaSurya Mentaram: “Jng lupa mak yg horor anu : Sally Marcellina , Yurike Prastika..”

Untuk diketahui, almemari atau lemari Suzzanna ternyata baru dibongkar setelah 13 tahun meninggal dunia. Lemari Suzzanna juga tertutup selama 13 tahun. Akhirnya, Suami Suzzanna, Clift Sangra menguak isi lemari Suzzanna.

Clift Sangra mengatakan bahwa dirinya masih menyimpan semua barang pribadi Suzzanna sejak kepergian sang istri 13 tahun lalu. Pada momen itu, Clift Sangra memperlihatkan kamar Suzzanna yang menjadi saksi sang aktris menghembuskan napas terakhir.

Melansir video yang diunggah Trans TV Official dan Insert Investigasi, Clift membuka sesuatu yang besar kemungkinan belum diketahui publik. Kasur di kamar Suzzanna itu tampak begitu rapi. Beberapa kebaya yang sering dipakai Suzzanna juga tergantung di dinding kamar.

"Ini peninggalan-peninggalan bunda (Suzzanna). Ada tempat tidur, kursi tempat bunda duduk kalau berdoa. Ini baju-bajunya masih saya simpan," ujar Clift.

Kemudian, tibalah saatnya Clift memperlihatkan isi lemari yang konon sudah 13 tahun tidak pernah dibuka.

"Ini tas bunda yang sering dipakai bunda kalau pergi. Ini minyak wangi dan bedak yang pernah dipakai sama bunda, masih saya simpan. Ini belum banyak yang tahu, baru saya buka, tapi lemari yang sebelah ini nggak bisa dibuka. Mungkin isinya baju-baju," kata Clift menjelaskan secara detail.

Suzzanna bernama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch. Suzzanna meninggal di usia 66 tahun pada 15 Oktober 2008. Suzzanna bintang film horor Indonesia yang berkecimpung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an.

Wanita bergelar "Ratu Film Horor Indonesia" ini terkenal lewat film-film panas dan mistik, seperti Bernafas dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981).

Kariernya berawal saat memenangkan kontes "Tiga Dara" dan diaudisi oleh Usmar Ismail. Suzzanna, yang mendapat julukan The Next Indriati Iskak, meraih penghargaan melalui Asrama Dara, di antaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia, Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award. 

Dia juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia dalam Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Suzzanna menikah dengan aktor Dicky Suprapto dan dikaruniai dua anak, yakni Ari Adrianus dan Kiki Maria. Kiki Maria juga mengikuti langkah ibunya ke dunia pentas. Sementara Ari Adrianus telah meninggal pada tahun 1977.

Dinukil Suara.com, setelah berpisah, Suzzanna tinggal bersama dengan Clift Sangra. Mereka memiliki seorang anak angkat, Rama Yohanes.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto