Netral English Netral Mandarin
banner paskah
20:37wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Termasuk Dilan, Inilah Empat Novel Remaja Indonesia yang Masih Diburu Pembaca hingga Sekarang

Senin, 03-Mei-2021 06:40

Film Dilan 1990 diangkat dari sebuah novel yang ditulis Pidie Baiq pada tahun 1990-an
Foto : Youtube
Film Dilan 1990 diangkat dari sebuah novel yang ditulis Pidie Baiq pada tahun 1990-an
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan, penulis tanah air tidak pernah berhenti mengukir prestasinya. Hal ini dibuktikan dari jajaran novel best seller yang mayoritas merupakan karya para penulis Indonesia.

Keberhasilan ini diyakini dapat memberikan harapan besar bagi subsektor penerbitan Indonesia untuk semakin dilirik. Seperti dikutip dari akun twitter resmi Kemenparekraf, inilah empat novel remaja Indonesia yang hingga saat ini masih meraih best seller:

1. DilanNovel yang ditulis oleh Pidi Baiq (@pidibaiq) dengan gaya tutur sederhana dan latar belakang kehidupan remaja di era 90-an. Novel ini telah terjual lebih dari 1 juta eksemplar dan membawa “Dilan” diangkat sebagai trilogi film dengan judul yang sama.

2. Ganjil GenapAlmira Bastari (@almirabastari) terkenal dengan gaya penceritaan yang sederhana, namun sesekali menggunakan bumbu-bumbu komedi yang segar. Menariknya, novel remaja best seller “Ganjil Genap” sukses terjual hingga 700 eksemplar hanya dalam waktu 10 menit!

3. Matt and MouBermula dari laman Wattpad, novel karangan Wulanfadi (@wulanfadila_) ini pertama dirilis pada 2016. Bergenre romantis, novel ini menceritakan persahabatan yang berujung jatuh cinta dan telah dibuat dalam format film oleh produser kenamaan Manoj Punjabi.

4. SerendipityNovel karya Erisca Febriani (@erisca_febriani) ini awalnya diterbitkan di Wattpad dan telah dibaca oleh lebih dari 12 juta pengguna, sementara bukunya terjual 40 ribu eksemplar. Kepopuleran novel “Serendipity” pun membuatnya diangkat menjadi film di tahun 2018.

Nah, itulah empat novel remaja Indonesia yang masih diburu pembaca hingga saat ini, yang mana favoritmu?

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli