Netral English Netral Mandarin
23:15wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Ternyata Bukan COVID yang Jadi Penghalang Orang Gak Mau Liburan!, tapi Ini…

Kamis, 09-December-2021 13:58

Ilustrasi liburan
Foto : Istimewa
Ilustrasi liburan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Akhir tahun makin deket nih, kalian sudah ada rencana mau habisin waktu liburan kemana belum? Ngomongin soal liburan,  tim Indoguidebook.com baru-baru ini mengadakan survei tren liburan untuk mengulik lebih dalam tentang perilaku konsumen dalam melakukan kegiatan liburan di kala pandemi.

Hasilnya cukup mengejutkan, karena bisa diambil kesimpulan bahwa bukan COVID-19 yang membuat orang-orang enggan liburan.

Sebanyak 223 responden telah mengikuti survei yang kami lakukan pada 29 - 30 Oktober 2021. 

Segmentasi demografisnya adalah 48 laki-laki dan 175 wanita. Mayoritas berusia 15 - 24 tahun, 90?rstatus masih lajang dan 91% responden belum memiliki anak. 

Sebagian besar responden tinggal di luar pulau Jawa. 

Metode penelitian dan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling/pengambilan sampel acak sederhana. 

Google form disebar melalui social media (Instagram) dan juga WhatsApp. Liburan atau di rumah aja nih?Dari total 223 responden, sebanyak 53% mengatakan bahwa akhir tahun ini akan menghabiskan waktu di rumah saja. 

Sebanyak 47% merencanakan untuk berangkat liburan akhir tahun dengan destinasi mayoritas ke luar kota. Sebagian besar calon traveler (sebanyak 66%) menyatakan setuju banget ketika ditanyakan pendapatnya mengenai kebijakan pemerintah mewajibkan para calon wisatawan untuk melaksanakan rapid test antigen atau swab PCR. 

Alasannya tentu saja demi mencegah penyebaran dan penularan virus COVID-19.

Apa kegiatan yang sering lo lakukan selama pandemi?Akhir-akhir ini, beberapa jenis olahraga sedang sangat naik popularitasnya di kalangan remaja dan dewasa muda. 

Sebut saja olahraga golf dan sepeda. Ketika responden ditanyakan mengenai aktivitas yang dilakukan di kala pandemi, pergi ke cafe atau restoran merupakan pilihan utama para responden, disusul oleh sepedaan dan wisata alam di posisi kedua dan posisi ketiga ditempati oleh kegiatan berenang. Main golf sendiri merupakan kegiatan pilihan kelima berdasarkan survey ini.

Must have item setiap kali lo pergi ke tempat umum?Sekarang, menggunakan masker di tempat umum merupakan sebuah kewajiban. Ini adalah hasil dari kebijakan pemerintah Indonesia. 

Ketika kami menanyakan responden mengenai barang yang wajib banget buat mereka bawa kemana-mana di masa pandemi, sebanyak 78% responden menyatakan bahwa masker adalah sebuah barang yang harus ada saat kemana pun mereka pergi, di posisi kedua ada hand sanitizer dan di posisi ketiga adalah barang lainnya seperti alat makan sendiri, disinfektan dan juga tisu basah.

Jalan-jalan enaknya naik apa ya...Untuk berangkat ke beberapa daerah di Indonesia, pemerintah mewajibkan calon traveler pengguna moda transportasi pesawat untuk melakukan tes swab PCR terlebih dahulu. 

Tes PCR adalah tes yang paling akurat, namun tentu aja dengan harga yang sangat mahal. Berkisar di 600 ribu hingga 2 jutaan rupiah, tergantung seberapa cepet lo mau hasilnya keluar.

 Kemungkinan besar, karena mahalnya prasyarat menggunakan moda transportasi pesawat, moda transportasi yang paling mungkin mereka gunakan pada saat berangkat liburan akhir tahun nanti adalah mobil (56%), lalu pesawat (30%), kemudian moda transportasi lain seperti motor, kereta, bus dan kapal.

Di tempat tujuan berlibur, mayoritas responden (63%) menyatakan bahwa akan menginap di hotel. Sebanyak 21% memilih untuk menginap di sebuah villa terpencil dan 10% memilih untuk menyewa rumah di tempat tujuan. Sisanya sebanyak 5% responden memiliki jawaban yang bervariasi, salah satunya adalah menginap di rumah keluarga.

Alasan utama gak mau liburan bukan karena COVID sih, tapi…Pertanyaan terakhir sekaligus menutup survey untuk penelitian mengenai tren liburan 2021 yang tim kami lakukan adalah apa alasan responden gak pengen berangkat liburan. 

Pada awalnya, sudah hampir pasti kami mengira bahwa responden gak pengen berlibur dengan alasan mencegah penularan dan penyebaran kasus COVID-19. Ternyata kami salah.

Sebanyak 46% responden menyatakan bahwa alasan utama mereka gak pengen pergi liburan akhir tahun ini karena gak ada uangnya. 

Hasil temuan ini awalnya mengejutkan, karena biasanya akhir tahun merupakan ajang liburan semua warga dari segala jenis status demografis, finansial dan psikososial. Setelah melakukan analisis kualitatif lebih dalam, pada akhirnya kami berusaha memahami fenomena yang sedang terjadi.

Hal yang sedang terjadi saat ini adalah, para responden di range usia produktif menemukan kesulitan dalam mencari pekerjaan. Kemungkinan besar, banyak pula responden yang awalnya sudah memiliki pekerjaan tetap namun terpaksa harus berhenti dari pekerjaan yang mereka tekuni karena pandemi COVID-19 benar-benar mengobrak-abrik hampir semua jenis industri. 

Hal ini pada akhirnya mengakibatkan banyak perusahaan harus melakukan langkah ekstrim mulai dari pemotongan gaji hingga yang terburuk adalah pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Alasan gak pergi liburan karena mencegah penyebaran dan penularan COVID sendiri bahkan gak berada di posisi kedua, melainkan duduk di posisi ketiga setelah alasan sibuk bekerja. Yang pasti Guiders, per artikel ini diturunkan, pandemi COVID masih belum berakhir. 

Mau lo liburan atau di rumah aja, ingat selalu untuk menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yaitu:● Memakai masker● Menjaga jarak● Mencuci tangan● Menghindari kerumunan● Mengurangi mobilitasHave fun and stay healthy!

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi