Netral English Netral Mandarin
banner paskah
00:11wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Ternyata Bunga Telang Mampu Meningkatkan Imun Anda, Cocok Dikonsumsi di Masa Pandemi

Senin, 01-Maret-2021 12:00

Bunga telang mampu meningkatkan imun tubuh.
Foto : Bunga-bungaan
Bunga telang mampu meningkatkan imun tubuh.
25

JAKARTA, NETRALENWS.COM -  Mungkin banyak yang belum mengetahui bunga telang.  Bentuk bunganya yang berwarna ungu dan cantik kerap menarik perhatian. Apalagi bunga telang sangat jarang ditemukan.

Namun, sebenarnya untuk menanam bunga telang sangtlah mudah. Anda tinggal mengambil batangnya dan tanam.  Cara merawatnya juga sangat mudah. Sebab tanaman ini bisa tumbuh liar dan tak perlu perawatan khusus.

Di tengah keberadaannya yang tidak banyak orang tahu,  ternyata bunga telang banyak menyimpan manfaat, telang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, cocok dikonsumsi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Dikenal juga dengan nama Asian pigeonwings atau butterfly pea flower. Bunga telang atau kembang telang memiliki banyak julukan. Sering dikenal dengan nama Asian pigeonwings, bluebellvine, blue pea maupun butterfly pea flower.

Baca Juga :

Tanaman telang berumur pendek, serta bisa tumbuh dan merambat dengan cepat. Warna biru yang dihasilkan bunga telang jika diseduh sebagai minuman, berasal dari zat antioksidan bernama anthocyanins.

Warnanya yang indah kerap dimanfaatkan untuk dioleh sebagai pewarna makanan alami dan menyehatkan.Meski dijuluki sebagai butterfly pea flower, bunga telang tidak sering dihinggapi kupu-kupu. Nama tersebut berasal dari bentuk mekarnya bunga yang tampak seperti sayap kupu-kupu.

Di balik tampilannya yang memikat, kembang telang menyimpan khasiat yang bermaslahat bagi kesehatan manusia. Kembang ini banyak dikonsumsi dengan membuatnya menjadi ramuan minuman teh bunga telang yang nikmat.

Apa sajakah khasiat bunga telang yang bisa kita dapatkan untuk tubuh kita? Benarkah seluar biasa itu manfaatnya? Dilansir dari berbagai sumber termasuk laman manfaat tanaman, inilah khasiat bunga talang.

Mengatasi Gangguan pada Mata

Mungkin manfaat bunga telang untuk mata adalah salah satu khasiat paling luas yang diketahui masyakat di Indonesia. Air rendaman kembang telang diketahui ampuh digunakan sebagai obat untuk mengatasi mata merah ataupun masalah sakit mata lainnya.

Meredakan Batuk dan Asma

Selain bagian bunganya, akar tanaman telang diketahui efektif untuk meredakan batuk dan gangguan asma. Bahkan, ini telah menjadi salah satu andalan dalam pengobatan tradisional dengan mengandalkan bahan herbal.

Membuang Racun di Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat mujarab yang terkandung dalam bunga telang adalah ia mampu membantu membuang racun-racun yang terdapat di sistem pencernaan. Toppers bisa mengonsumsinya dengan cara menyajikannya sebagai minuman teh hangat. Cukup seduh beberapa kembang telang dengan air panas, diamkan hingga meresap beberapa menit sebelum diminum.

Bersifat Antiinflamasi

Butterfly pea telah lama diketahui punya segudang manfaat dalam pengobatan Ayurveda, dan ini didukung oleh penelitian yang valid. Ramuan bubuk bunga telang bisa membantu meredakan demam akibat peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat sebagai pertolongan pertama jika mengalami gejala suatu penyakit.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Telang adalah solusi bagi sistem pertahanan tubuh kita dari ancaman kuman penyebab penyakit.Kandungan dalam tanaman ini telah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh.Saat flu menjadi ancaman di cuaca yang tidak bersahabat, kamu bisa mengandalkan teh bunga telang untuk memperkuat imunitas tubuh. 

Memperlancar Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang aktif dan sehat sangat penting untuk melawan kenaikan berat badan berlebih dan menjaga berat badan kita agar tetap ideal.Teh kembang ini membantu mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon yang berperan dalam pembakaran lemak. Jadi, telang baik juga untuk diet. 

Mengatasi Stres dan Kecemasan

Butterfly pea flower telah dikenal ampuh sebagai adaptogenik yang membantu tubuh mengatasi stres. Efeknya yang menenangkan pada tubuh dan pikiran dapat digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih.Bunga biru indah ini bahkan telah terbukti memiliki efek ansiolitik dan antidepresi yang telah terbukti melalui studi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Satu lagi manfaat mujarab dari telang, yakni perannya dalam mengatasi tekanan darah tinggi yang memicu gagal jantung dan bisa mengancam jiwa. Penelitan menunjukkan bahwa kandungan dalam telang berguna untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah di angka normal.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, bunga telang terbukti mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa darah.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani