Netral English Netral Mandarin
06:08 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Ternyata Daun Kecipir Bisa Turunkan Berat Badan

Senin, 02-November-2020 15:35

Daun serai mampi kurangi lemak
Foto : Netral
Daun serai mampi kurangi lemak
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernah mengonsumsi kacang kecipir? Biasanya dibuat tumisan dan menghasilkan wewanginan yang harum. Kacang kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) merupakan tanaman dari jenis kacang-kacangan yang tumbuh merambat.

Daun muda atau pucuk tanaman kecipir serta buahnya dimanfaatkan sebagai sayuran. Buah kecipir yang biasanya dimasak sebagai sayur adalah buah yang masih muda. Kacang kecipir banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Kecipir merupakaan salah satu tumbuhan merambat yang dapat dikonsumsi sebagai santapan lezat. Kecipir merupakan tumbuhan tropis yang dapat ditemui di seluruh Indonesia.

Baca Juga :


Daun, biji, umbi, dan bunga dari kecipir dapat dikonsumsi, sehingga tidak ada bagian tanaman yang terbuang. Akar dari tumbuhan ini memiliki rasa yang mirip dengan kentang, ada yang mengatakan bahkan lebih baik daripada kentang. Daunnya bisa dimakan seperti bayam dan bijinya bisa dikonsumsi seperti kedelai.

Dalam 100 gram kecipir mentah mengandung energi 409 kkal, asam pantotenat 0,795 miligram, riboflavin 0,45 miligram, dan vitamin B6 0,175 miligram.

Dilansir dari laman Manfaat Dedaunan dan sumber lainnya, berikut manfaat daun kecipir yang bisa Anda konsumsi.

Menurunkan Berat Badan

Kacang kecipir merupakan sayuran rendah kalori dan mengandung lemak sehat, sehingga kacang kecipir sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kacang kecipir merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Serat bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan melancarkan BAB.

Sebagai Antioksidan
Vitamin A dan vitamin C yang terkandung pada kacang kecipir berperan sebagai antioksidan yang kuat. Bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal racun.

Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Kandungan vitamin B dan vitamin E pada kacang kecipir berkhasiat untuk menjaga tubuh tetap bugar serta meningkatkan stamina. Kacang kecipir juga merupakan sumber tenaga yang sehat.

Berikut 7 manfaat winged bean atau kecipir bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang saat ini.

Meningkatkan kekebalan tubuh dan anti peradangan

Kecipir kaya akan vitamin C dan vitamin A. Mengkonsumsi kacang-kacangan ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dengan demikian tubuh Anda tidak akan mudah kemungkinan infeksi dan penyakit. Vitamin C dalam kecipir berperan sebagai pelindung, penangkal penyakit dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Mengonsumsi kecipir dapat membantu mengurangi peradangan. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh mineral dalam kecipir bekerja untuk menghilangkan keseleo atau pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi, karena dapat membantu mengobati defisiensi superoksida dismutase (SOD) atau faktor yang menyebabkan peradangan tersebut.

Membantu penurunan berat badan

Kecipir memiliki kandungan rendah kalori. Ia juga memiliki serat berlebih yang membantu penurunan berat badan yang sehat. Serat tinggi dan kalori rendah membantu membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil terus-menerus.

Reporter : sulha
Editor : Anto