Netral English Netral Mandarin
04:00wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Ternyata Ini Fungsi dan Bagian Dashboard Mobil

Rabu, 09-Juni-2021 10:52

Kabin mobil.
Foto : Istimewa
Kabin mobil.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dashboard mobil menjadi bagian wajib yang ada di semua kendaraan roda empat. Baik itU mobil SUV, MPV, pick up bahkan truk sekalipun. Desain dashboard pada mobil sangat bervariasi, tergantung dari jenis mobil dan kelasnya.

Beberapa dashboard bahkan ada yang menggunakan material kayu dan dicat mengkilap agar tampak mewah. Di dalam dashboard sendiri terdapat berbagai fitur yang sangat penting untuk berkendara dan meningkatkan kenyamanan penumpang. Apa saja itu? 

Mengenal Dashboard Mobil dan Fungsinya 

Dashboard mobil adalah salah satu bagian interior kabin yang biasanya terdapat pada bagian depan. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat berbagai panel indikator pada mobil. 

Secara umum, dashboard mobil menjadi pemisah antara tempat duduk pengemudi dan juga bagian depan mobil. Dashboard juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil, karena tanpanya performa mobil akan bermasalah. 

Jika sebuah mobil tidak memiliki dashboard, pengendara tentu akan merasa tidak nyaman. Di dalam dashboard terdapat banyak sekali komponen yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. 

Setiap orang yang ingin belajar mengendarai mobil, harus mempelajari fungsi dari setiap komponen yang terdapat pada mobil. Supaya saat berkendara tidak bingung lagi untuk menggunakan setiap bagian dashboard dengan benar. 

Apa Saja Bagian Utama dari Dashboard Mobil? 

Setelah mempelajari apa itu dashboard mobil dan fungsi utamanya, saatnya Anda untuk mempelajari apa saja bagian utama yang sering digunakan. Bagian ini sangat mudah dikenali karena ukurannya yang cukup besar dan sering digunakan. 

Berikut ini beberapa bagian dashboard mobil yang paling utama sekaligus fungsinya. 

    1. Laci Mobil

 

 

Bagian yang paling mudah dikenali adalah laci mobil karena letaknya berada di depan kursi penumpang di sebelah pengemudi. Fungsi utama dari laci mobil adalah untuk menyimpan berbagai barang penting. Hanya saja kebanyakan pengemudi justru tidak menggunakannya. 

Padahal ada banyak barang wajib yang penting untuk menunjang pengendara seperti senter, charger ponsel sampai kotak P3K atau buku manual kendaraan. Buku asuransi mobil juga sebaiknya disimpan pada laci mobil di dashboard agar mudah diakses. 

Namun Anda harus menghindari untuk menggunakan laci mobil sebagai tempat penyimpanan surat-surat berharga. Seperti surat-surat penting kendaraan bahkan BPKB mobil. Beberapa pengemudi bahkan masih lalai dalam hal ini. 

    2. Lampu Indikator pada Mobil

 

 

Ada lagi komponen penting yang harus diperhatikan bahkan dipelajari dengan detail yaitu lampu indikator pada mobil. Semua lampu indikator yang memperlihatkan kondisi mobil akan muncul pada bagian dashboard. 

Posisinya ada di depan pengemudi dan di balik setir mobil sehingga mudah untuk dilihat. Pengemudi harus memperhatikan semua indikator di dashboard mobil untuk tahu bagaimana kondisi mobil sebelum dan saat berkendara. 

Contohnya saja speedometer, kondisi tangki bensin, airbag, apakah pintu sudah terkunci, dan masih banyak lagi. Indikator ini seringkali bentuknya adalah ikon jadi pengemudi yang sedang belajar harus menghafalkannya. 

    3. Kunci Kontak

 

 

Pada bagian dashboard juga terdapat kunci kontak. Produsen mobil menempatkan kunci kontak pada dashboard tepatnya di bagian kanan bawah setir mobil. Anda tinggal memasukan kunci mobil untuk langsung menyalakan kendaraan. 

Ada juga yang cara menyalakannya dengan menekan tombol pada bagian dashboard. Semua tergantung dengan jenis mobil yang digunakan apakah keluaran baru atau lama. 

    4. Tuas Mobil

 

 

Semua mobil selalu memiliki tuas yang letaknya di sebelah kanan dan juga kiri setir. Letak tuas ini untuk mempermudah pengemudi untuk menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. 

Tuas yang berada di kanan kiri setir memiliki fungsi berbeda. Ada yang fungsinya untuk menyalakan lampu depan pada saat malam hari atau memberikan tanda pada kendaraan dari arah berlawanan. 

Ada juga tuas yang digunakan untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri. Tuas terakhir di bagian setir berfungsi untuk menyalakan wiper. Jadi ketika posisi sedang hujan atau tampilan kaca buram pengemudi bisa menyalakannya. 

Selain tuas yang terdapat di bagian setir, ada juga tuas transmisi yang letaknya di samping pengemudi, tepatnya di pembatas antara penumpang dan pengemudi. 

Tuas transmisi ini memiliki tujuan untuk memindahkan gigi saat mobil sedang berjalan. Tuas ini juga berfungsi untuk meningkatkan laju kendaraan. Hanya saja untuk jenis kendaraan manual dan otomatis jenis tuas yang digunakan berbeda. 

    5. Head Unit

 

 

Setiap dashboard mobil juga memiliki bagian head unit yang fungsinya adalah menyalakan fitur hiburan dalam kabin. Letak dari head unit ini ada di depan tuas atau bagian tengah keseluruhan dashboard. 

Ada banyak fitur yang terdapat dalam head unit ini, misalnya untuk menyalakan musik. Anda bisa menyalakan musik dengan menyambungkan ponsel atau usb ke dalam head unit.

Ada dua jenis head unit yang beredar di pasaran yaitu 1 DIN dan 2 DIN. DIN adalah Deutsche Institut fur Normung yang merupakan standar dari pembuatan head unit. 

    6. Pusat Kontrol Fitur Mobil

 

 

Bagian terakhir yang tak kalah penting adalah pusat kontrol fitur mobil yang ada di tengah dashboard. Lebih tepatnya berada di bawah head unit sehingga mudah untuk ditemukan. Apa saja yang ada di pusat kontrol fitur mobil ini? 

Anda bisa menyalakan AC, mengatur lampu hazard, tempat korek api, charger, dan masih banyak lagi.

Indikator dan Fungsi Tombol Pada Dashboard Mobil 

Selain keenam bagian utama tersebut, ada juga beberapa indikator serta tombol yang perlu dipelajari. Berikut ini penjelasan dari beberapa tombol sekaligus indikator yang ada di dashboard. 

    1. Tombol ABS 

ABS atau Anti Lock Brake System adalah salah satu sistem keamanan yang akan mencegah agar rem tidak terkunci. Saat pengemudi hendak melakukan pengereman mendadak maka tombol ini perlu ditekan agar rem tidak terkunci. 

    2. Tombol Airbag

Ada juga tombol untuk airbag atau kantung udara yang penting ketika mobil mengalami benturan keras. Pengemudi bisa menekan tombol ini sesaat sebelum kecelakaan agar semua airbag terbuka untuk seluruh penumpang. 

    3. Tombol Audio

Berada pada bagian head unit yang bisa digunakan untuk menyalakan audio. Mulai dari volume, channel radio tersedia. Anda yang merasakan bosan saat berkendara bisa menyalakan tombol audio ini. 

    4. Indikator Speedometer

Berada di belakang setir mobil,  indikator seeedometer ini berfungsi untuk memperlihatkan kecepatan dari mobil per jam. Skala yang digunakan adalah km/ jam dan tampilannya ada yang digital ada juga manual. 

    5. Indikator Odometer

Merupakan indikator yang akan mengukur jarak dari kendaraan yang telah ditempuh selama ini hingga akhirnya tidak digunakan kembali. 

    6. Indikator Thermometer

Pada dashboard mobil juga terdapat termometer atau indikator untuk mengukur suhu mesin mobil. Anda jadi tahu berapa suhu air yang bersirkulasi pada mesin mobil. Sehingga jika suhu terlalu panas, Anda bisa langsung mengeceknya. 

Semua fungsi dari bagian-bagian dashboard mobil ini perlu diketahui, sehingga jika terdapat komponen yang rusak Anda bisa segera mengetahuinya. Demikian dirangkum dari berbagai sumber.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian